Haruskah Menggunakan Sunscreen meski Cuaca Tak Panas dan di Dalam Ruangan?
Ilustrasi sunscreen dengan spf 50 (freepik/piksel mentah)
17:57
22 Oktober 2024

Haruskah Menggunakan Sunscreen meski Cuaca Tak Panas dan di Dalam Ruangan?

Sunscreen atau tabir surya biasa digunakan orang saat hendak berlibur ke pantai atau saat ke luar ruangan ketika panas matahari terasa amat menyengat. 

Namun, bagaimana dengan hari-hari saat Anda tidak berada di pantai? Atau hari-hari saat Anda berada di dalam ruangan untuk sebagian besar waktu? Masih perlukah menggunakan sunscreen dan apa manfaatnya?    Menanggapi hal itu, Dokter Kulit, dr. Melissa Piliang, MD, menyebut bahwa sebaiknya sunscreen digunakan setiap hari dalam keadaan apapun.    Menurutnya, 5abir surya tidak hanya digunakan saat bermain di pantai atau bersantai di atas kapal. Ini karena Anda terpapar lebih banyak sinar matahari yang berbahaya daripada yang Anda kira.  

  "Kita mendapatkan banyak paparan sinar matahari saat menjalani kehidupan sehari-hari," kata Dr. Piliang dikutip dari laman Cleveland Clinic Health Essentials, Selasa (22/10).   "Sering kali, saat kita keluar rumah, kita bisa lupa waktu, berpapasan dengan teman di toko kelontong, atau akhirnya harus berada di luar lebih lama dari yang kita perkirakan, yang dapat mengakibatkan paparan sinar matahari lebih banyak dari yang kita perkirakan," sambungnya.   Oleh karena itu, meski Anda tidak bersantai di tepi kolam renang, meski seharian melakukan tugas, Anda tetap bisa terpapar sinar matahari yang cukup.   Bagaimana dengan memakai sunscreen di dalam ruangan?  

  Menggunakan sunscreen di dalam ruangan mungkin terasa aneh. Tetapi, itu memang diperlukan untuk membuat kulit Anda tetap terjaga.    “Lampu neon di kantor kami bahkan menghasilkan sinar ultraviolet. Itulah mengapa memakai tabir surya setiap hari sangatlah penting," kata dr. Piliang.   Bagaimana saat cuaca mendung?   Tahukah Anda bahwa bahkan pada hari berawan, matahari masih ada dan dapat menyinari Anda? Sekitar 80% sinar matahari masih menembus awan dan langsung mengenai kulit Anda.   “Cuaca mungkin agak berangin, jadi Anda tidak perlu memikirkan matahari karena Anda tidak dapat melihatnya. Namun, Anda tetap mendapatkan paparan sinar matahari yang signifikan," kata Dr. Piliang.   

  Jadi, ya, bahkan pada hari berawan, Anda perlu menggunakan perlindungan matahari setiap hari. "Anda dapat dengan mudah terkena sinar matahari pada hari berawan, jadi Anda harus ekstra waspada," pungkasnya.    Manfaat Menggunakan Sunscreen Setiap Hari   Nah, setelah memahami pentingnya menggunakan sunscreen tiap hari, mari kita kulik apa saja manfaatnya:  

  1. Membantu menjaga lapisan pelindung kulit Anda   Secara umum, penggunaan tabir surya setiap hari dapat membantu membangun lapisan pelindung kulit Anda. Sebab, saat Anda keluar dan berjalan-jalan sebentar, sinar matahari tetap dapat mengenai Anda.   Penggunaan tabir surya setiap hari adalah cara termudah untuk menghindari sinar UV (ultraviolet) yang berbahaya dan mencegah kulit terbakar atau iritasi kulit.   2. Mengurangi risiko kanker kulit   Dengan memakai tabir surya dengan SPF (sun protection factor) yang tinggi, Anda dapat mengurangi paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit secara signifikan.    Tabir surya melindungi dari sinar UVB (ultraviolet B), yang merupakan penyebab utama kulit terbakar dan penyebab utama perkembangan kanker kulit seperti karsinoma sel basal , karsinoma sel skuamosa , dan melanoma.   3. Membantu menghentikan penuaan dini   Ketahuilah bahwa cara terbaik untuk menghindari penuaan dini pada kulit Anda adalah dengan melindunginya dari sinar matahari. Caranya ya dengan menggunakan sunscreen.    Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa orang yang menggunakan tabir surya berspektrum luas setiap hari selama setahun merasakan perbaikan signifikan pada penampilan kulit mereka.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #haruskah #menggunakan #sunscreen #meski #cuaca #panas #dalam #ruangan

KOMENTAR