Jangan Konsumsi Ini Saat Lapar! Simak 6 Makanan yang Bisa Merusak Lambung Anda
Hindari minum kopi apabila perut Anda kosong. (sumber: Pexels / Pixabay)
12:54
21 Februari 2024

Jangan Konsumsi Ini Saat Lapar! Simak 6 Makanan yang Bisa Merusak Lambung Anda

 - Sarapan dianggap sebagai momen paling penting dalam sehari, hal tersebut memiliki dampak besar pada tingkat energi dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Namun, tidak semua jenis makanan cocok untuk dikonsumsi saat sarapan, terutama saat perut masih kosong.

Oleh karenan itu, Times of India, Rabu (21/2) merekomendasikan enam makanan yang sebaiknya dihindari saat perut kosong.

1. Buah sitrus

Walaupun jeruk dan grapefruit kaya akan vitamin C, kadar asamnya yang tinggi bisa menimbulkan ketidaknyamanan ketika perut masih kosong.

Jeruk bisa memicu refluks asam atau masalah pencernaan bagi beberapa individu. Disarankan untuk menyantapnya setelah makan sarapan yang substansial.

2. Kopi

Meskipun secangkir kopi menjadi ritual pagi bagi banyak individu, meminumnya dengan perut kosong dapat meningkatkan tingkat asam lambung.

Kopi memiliki kemampuan untuk merangsang produksi asam lambung yang bisa menyebabkan mulas dan rasa tidak nyaman pada pencernaan.

3. Makanan pedas

Makanan yang kaya rempah, seperti cabai atau kari mungkin terasa tidak nyaman saat perut masih kosong. Konsumsi makanan pedas bisa memicu peningkatan asam lambung dan mengakibatkan iritasi, menyebabkan perut terasa mulas dan tidak nyaman.

4. Soda dan minuman berkarbonasi

Minuman bersoda mengandung gas yang masuk ke dalam pencernaan, menyebabkan sensasi kembung dalam perut. Tidak hanya itu, kadar gula tinggi dalam soda bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat diikuti oleh penurunan drastis, membuat kita merasa lesu.

5. Sayur mentah

Walaupun sayuran sangat baik untuk kesehatan, menyantap sayuran mentah saat perut kosong bisa menimbulkan masalah pencernaan. Serat kasar dalam sayuran mentah sulit dicerna dan berpotensi menyebabkan rasa kembung.

6. Kue dan menu sarapan manis

Meskipun kue-kue manis, donat, dan menu sarapan memberikan tambahan energi instan, seringkali makanan-makanan tersebut mengandung gula rafinasi dalam jumlah besar.

Camilan manis semacam itu dapat memicu kenaikan gula darah yang cepat, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kelelahan dan kelesuan. Sebaiknya, pilihlah opsi sarapan yang kaya nutrisi dan seimbang.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #jangan #konsumsi #saat #lapar #simak #makanan #yang #bisa #merusak #lambung #anda

KOMENTAR