10 Makanan Mengenyangkan yang Cocok Dihidangkan saat Sahur dan Berbuka
Makanan Mengenyangkan yang Cocok Dihidangkan Saat Sahur dan Berbuka. (freepik)
08:42
20 Februari 2024

10 Makanan Mengenyangkan yang Cocok Dihidangkan saat Sahur dan Berbuka

 - Puasa merupakan praktik menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas tertentu selama periode waktu tertentu, terutama dilakukan sebagai bentuk ibadah atau sebagai bagian dari praktik keagamaan tertentu.

Ketika seseorang berpuasa, tubuhnya tidak mendapatkan asupan makanan atau cairan selama periode waktu tertentu, yang dapat menyebabkan rasa lapar.

Rasa lapar saat berpuasa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yakni penurunan kadar glukosa darah karena tidak adanya asupan makanan, yang menyebabkan tubuh mencari sumber energi alternatif lain. Selain itu, kadar glikogen dalam hati dan otot juga dapat menurun selama puasa, yang dapat menyebabkan rasa lapar dan kelelahan.

Rasa lapar merupakan efek samping yang umum saat puasa, sehingga individu dapat mengatasi hal tersebut dengan mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur dan berbuka, memperhatikan asupan cairan, dan mengatur pola makan selama periode puasa.

Menjaga tubuh tetap bertenaga dan terhidrasi selama berpuasa sangatlah penting. Hpk ini dapat dipakukan dengan memilih makanan yang tepat. Saat menyiapkan hidangan untuk sahur dan berbuka puasa, memilihmakanan yang mengenyangkan menjadi pilihan yang sangat baik.

Dilansir dari Marham pada Senin (19/2), berikut merupakan 10 makanan mengenyangkan yang cocok disajikan saat sahur maupun berbuka puasa untuk menjaga kesehatan dan energi Anda.

1. Telur

Telur merupakan sumber gizi yang luar biasa. Kandungan protein dan vitamin yang tinggi membuat telur menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi saat sahur.

2. Daging

Hidangan tinggi protein, seperti daging tanpa lemak merupakan pilihan yang sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa. Meningkatkan asupan makanan yang kaya protein, seperti daging, dapat membantu Anda untuk mengendalikan rasa lapar.

3. Sayuran

Semua jenis sayuran memiliki kandungan nutrisi yang lengkap serta kadar air yang tinggi, sehingga daar membantu memberikan rasa kenyang. Meski begitu, sayuran memiliki kalori yang rendah, oleh karena itu, sangat penting untuk menggabungkannya dengan jenis makanan lain, seperti protein atau lemak, yang akan meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan, sehingga dapat memberikan Anda rasa kenyang yang berkelanjutan.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang tinggi protein nabati, karbohidrat, dan serat yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Kacang-kacangan juga kaya akan folat, dan vitamin B yang diperlukan untuk pembentukan DNA dan materi genetik lainnya dalam sel.

5. Salad Buah

Semangkuk salad buah dapat menjadi salah satu makanan paling sehat yang Anda konsumsi secara teratur selama berbuka puasa. Salad buah dapat memberikan manfaat luar biasa bagi Anda jika Anda mengonaumsinya dalam jumlah dan variasi buah yang tepat, sehingga akan memberikan dosis serat, vitamin, dan antioksidan yang tinggi untuk mengembalikan energi setelah beberapa jam berpuasa.

6. Roti Gandum Utuh

Roti gandum utuh mengandung kadar serat larut yang tinggi, sehingga dapat membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol darah, mengurangi sembelit, dan menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat.

Selain itu, roti gandum utuh juga mengandung tinggi karbohidrat kompleks, yang dapat memberikan energi yang stabil dan dapat membuat Anda merasa kenyang selama berjam-jam.

7. Smoothie Buah

Smoothie buah bukan hanya cara yang baik untuk meningkatkan asupan buah selama berpuasa, tetapi juga dapat memberikan energi dan protein.

Mengonsumsi lebih banyak protein membuat Anda merasa kenyang . Protein merupakan molekul kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat, sehingga protein akan memberikan energi lebih lama di dalam tubuh.

Protein juga membantu mencegah kehilangan otot saat menurunkan berat badan dengan diet rendah kalori, sehingga, smoothie tinggi protein merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi saat sahur. Saat membuat smoothie, anda dapat menambahkan yogurt, biji-bijian, kacang, susu atau air, bubuk protein, dan buah-buahan.

8. Kurma

Kurma menganduung serat pangan larut yang tinggi, terutama pektin. Serat-serat ini menarik air dan meningkatkan kelenturan isi lambung, sehingga memperpanjang waktu yang dihabiskannya di lambung dan memberikan sensasi kenyang.

Dengan menyertakan makanan tinggi serat seperti kurma yang didukung dengan asupan air minum yang banyak saat Amda sahur, Anda akan memiliki kontrol yang lebih baik atas nafsu makan dan merasa kenyang lebih lama.

9. Oatmeal

Oatmeal memhandung kaya sera dan memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga menjadikannya sumber protein yang baik.

Menurut penelitian, oatmeal juga mengandung avenanthramides, yang merupakan polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Itulah mengapa oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Anda dapat menambahkan buah-buahan seperti stroberi, pisang, dan madu untuk menjadikan oatmeal memiliki rasa manis alami.

10. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik dan jumlah protein yang tinggi, sehingga dapat membantu sistem pencernaan Anda berfungsi secara efektif dan meningkatkan rasa kenyang.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #makanan #mengenyangkan #yang #cocok #dihidangkan #saat #sahur #berbuka

KOMENTAR