8 Cara Terbaik Meningkatkan Kadar Dopamin, Hormon Pemicu Kebahagiaan
Ini 8 Cara alami untuk meningkatkan kadar Dopamin, Hormon Pemicu Kebahagiaan. (Sumber foto: freepik)
10:48
17 Februari 2024

8 Cara Terbaik Meningkatkan Kadar Dopamin, Hormon Pemicu Kebahagiaan

 

 - Kebahagiaan merupakan kondisi emosional dimana adanya perasaan positif yang memunculkan kepuasan dan kegembiraan dalam hidup yang tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang.

Hal ini menjadi hal yang sangat dicari oleh manusia karena memengaruhi kualitas hidup secara menyeluruh.

Kebahagiaan tidak hanya memengaruhi kesehatan mental dan emosional, tetapi juga berdampak pada kesehatan fisik.

Hormon dopamin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan, memainkan peran penting dalam menciptakan perasaan bahagia dan kepuasan dalam hidup.

Oleh karena itu, meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh dapat menjadi kunci untuk mencapai tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi.

Dilansir dari Healthline pada Jumat (16/2), berikut merupakan 8 cara terbaik untuk meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh yang dapat memicu kebahagiaan yang lebih besar dalam kehidupan sehari-hari.



1. Konsumsi makanan yang kaya protein

Makanan yang kaya akan protein, terutama yang mengandung asam amino tirosin, dapat meningkatkan kadar dopamin dalam otak.

Ini didukung oleh studi yang menunjukkan bahwa peningkatan asupan tirosin dan fenilalanin, asam amino lain yang terdapat dalam protein, dapat meningkatkan produksi dopamin dalam tubuh.

Makanan yang kaya akan protein bisa didapatkan melalui kalkun, daging sapi, telur, produk susu, kedelai, dan kacang-kacangan.

2. Kurangi asupan lemak jenuh   Penelitian menunjukkan bahwa lemak jenuh yang ditemukan dalam lemak hewan, mentega, produk susu full cream, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa, mengganggu sinyal dopamin dalam otak saat dikonsumsi dalam jumlah besar. Inilah pentingnya mengonsumsi segala sesuatu dengan bijak dan masih dalam jumlah yang wajar.

3. Konsumsi probiotik   Penelitian telah menemukan bahwa usus dan otak berkaitan erat dimana beberapa spesies bakteri dapat menghasilkan dopamin yang dapat memengaruhi suasana hati dan perilaku individu.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa jumlah besar bakteri probiotik dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi pada manusia dan hewan.  



4. Konsumsi kacang-kacangan   Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan kadar dopamin secara alami, terutama pada orang-orang dengan penyakit Parkinson, yakni gangguan gerakan yang disebabkan oleh kadar dopamin yang rendah.

5. Berolahraga secara rutin   Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan kadar dopamin, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan intensitas, jenis, dan durasi olahraga yang paling efektif.

Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kadar endorfin dan memperbaiki suasana hati. Beberapa studi telah menemukan bahwa aktivitas fisik memiliki efek positif pada otak, yang meliputi peningkatan suasana hati.

6. Waktu tidur yang cukup   Penelitian menunjukkan bahwa dopamin menciptakan rasa kewaspadaan yang kadarnya tinggi di pagi hari serta menurun di malam hari. Namun, kurang tidur bisa mengganggu ritme alami ini.

Tidur yang teratur dan berkualitas tinggi dapat membantu menjaga keseimbangan dopamin Anda, dan meningkatkan kinerja Anda sepanjang hari.   Pastikan untuk menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, mengurangi kebisingan, serta menghindari kafein di malam hari.  



7. Mendengarkan musik   Mendengarkan musik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merangsang pelepasan dopamine di otak Anda.

Beberapa studi pada manusia telah menemukan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kadar dopamine pada otak.

Penelitian juga menemukan bahwa terapi musik memiliki potensi sebagai pengobatan alternatif atau mekanisme dukungan untuk orang yang mengalami gangguan mood seperti depresi atau neurodiversitas seperti gangguan hiperaktivitas perhatian (ADHD).

8. Dapatkan paparan sinar matahari yang cukup   Kurangnya oaparan sinar matahari dapat menurunkan kadar neurotransmitter (peningkat suasana hati) termasuk dopamine. Sehingga, paparan sinar matahari dapat meningkatkannya kadarnya.

Namun, tetaplah berhati-hati dengan paparan sinar matahari. Batasi selama jam puncak antara pukul 10 pagi dan 2 siang, dan gunakan tabir surya saat indeks UV di atas 3.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #terbaik #meningkatkan #kadar #dopamin #hormon #pemicu #kebahagiaan

KOMENTAR