7 Jenis Makanan yang Wajib Dihindari Jika Anda Menderita Nyeri Sendi, Salah Satunya Olahan Daging
Makanan yang perlu dihindari oleh penderita nyeri sendi. (freepik)
16:32
18 Oktober 2024

7 Jenis Makanan yang Wajib Dihindari Jika Anda Menderita Nyeri Sendi, Salah Satunya Olahan Daging

 

Arthritis reumatoid adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan peradangan pada sendi, menyebabkan nyeri sendi, kekakuan, dan pembengkakan.

Kondisi ini dapat mempengaruhi berbagai sendi, terutama di tangan dan kaki, dan seringkali terjadi secara simetris. Gejala lain yang mungkin muncul termasuk kelelahan, demam, dan penurunan berat badan.

Meski penyebab pasti belum sepenuhnya dipahami, faktor genetik dan lingkungan berperan dalam perkembangan penyakit ini.

Jika Anda menderita nyeri sendi dan secara rutin mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasinya, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari agar proses penyembuhan tidak terkendala.

Pasalnya, ada beberapa bahan makanan yang dapat menyebabkan inflamasi yang berpengaruh terhadap masalah nyeri sendi.

Berikut ini penjelasan selengkapnya seputar beberapa makanan yang perlu dihindari oleh orang yang menderita nyeri sendi.

  1. Daging merah dan berbagai olahan daging

Makanan ini mengandung kadar lemak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan peradangan dan memiliki efek negatif pada kesehatan jantung. Daging olahan terkadang juga mengandung bahan pengawet yang dapat menyebabkan peradangan.

  1. Gorengan

Gorengan mengandung asam lemak omega-6 dan lemak jenuh tinggi yang dapat menyebabkan peradangan dan memperburuk kesehatan jantung, dilansir dari laman Web MD pada (18/10).

  1. Makanan manis dan karbohidrat olahan

Makanan manis, seperti kue kering, permen, dan minuman manis, dapat membuat tubuh Anda melepaskan pembawa pesan inflamasi yang disebut sitokin.

Hal yang sama juga berlaku untuk karbohidrat olahan seperti roti putih, nasi putih, dan pasta, yang dapat dicerna dengan cepat oleh tubuh Anda menjadi gula sederhana.

  1. Makanan olahan

Makanan olahan biasanya tinggi garam, gula, dan lemak tidak sehat, sehingga dapat menyebabkan peradangan, penambahan berat badan, dan masalah jantung.

Tidak hanya buruk bagi penderita arthritis atau nyeri sendir, tetapi juga buruk bagi kesehatan secara keseluruhan.

  1. Garam

Terlalu banyak garam tidak hanya buruk bagi tekanan darah, tetapi jika Anda menderita RA dan mengonsumsi steroid, tubuh Anda mungkin akan lebih mudah terserang.

Usahakan mengonsumsi garam dengan takaran kurang dari 1.500 miligram sehari.

  1. Makanan dengan pengawet dan penguat rasa

Monosodium glutamat (MSG), bahan kimia yang ditambahkan ke dalam banyak makanan sebagai penambah rasa, telah terbukti memicu peradangan, dikutip dari laman Hackensack Meridian Health pada (18/10).

  1. Alkohol

Alkohol tidak cocok dengan obat-obatan arthritis atau nyeri sendi. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan peradangan.

Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan kerusakan hati, meningkatkan toksisitas hati yang disebabkan oleh obat (terutama jika Anda mengonsumsi metotreksat), dan menyebabkan peradangan.

Beberapa bahan makanan itulah yang perlu dihindari oleh penderita reumathoid arthritis atau yang lebih umum dikenal dengan nyeri sendi.

Di samping bahan-bahan yang perlu dihindari unt

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jenis #makanan #yang #wajib #dihindari #jika #anda #menderita #nyeri #sendi #salah #satunya #olahan #daging

KOMENTAR