Intip 5 Manfaat Makan Sepiring Pepaya pada Pagi Hari, Apa Saja?
Ilustrasi buah pepaya. (Freepik)
16:02
18 Oktober 2024

Intip 5 Manfaat Makan Sepiring Pepaya pada Pagi Hari, Apa Saja?

 

 

 Mengonsumsi pepaya pada pagi hari atau saat perut kosong bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Buah tropis ini kaya akan enzim, antioksidan, dan berbagai nutrisi, sehingga sangat cocok untuk melengkapi menu sarapan.

Pepaya dikenal rendah kalori yang merupakan sumber serat, kalsium, magnesium, kalium, serta vitamin seperti A, C, E, dan K. Sepotong pepaya seberat 157 gram mengandung sekitar 68 kalori.

Bagi yang sedang menjalani program penurunan berat badan mungkin menganggap buah ini sangat bermanfaat karena kandungan serat dan jumlah kalori yang rendah.

Lantas, apa saja khasiat lain dari mengonsumsi pepaya saat perut kosong? Dikutip dari Times of India, Jumat (18/10), berikut penjelasannya.

Dukung penurunan berat badan

Jika Anda ingin membakar lemak perut, konsumsilah pepaya. Buah ini cocok bagi orang yang sering merasa lapar.

Pepaya, bila dikonsumsi pada pagi hari dapat membantu Anda menahan rasa lapar sepanjang hari.

Karena rendah kalori dan tinggi serat, pepaya bisa mengendalikan rasa lapar dan memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga pas untuk pengelolaan berat badan.

Lindungi jantung

Pepaya mengandung kalium, serat, dan vitamin yang bantu mencegah masalah terkait jantung.

Nutrisi ini dapat menormalkan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah, sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Pepaya, dengan kandungan gula rendah dan serat tinggi dapat mengatur kadar gula darah.

Jadi, aman untuk pengidap diabetes dan mencegah hipertensi dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Enzim papain dalam pepaya bertindak sebagai pereda nyeri alami dan bantu mengendalikan peradangan melalui produksi sitokin.

Kulit bercahaya

Pepaya bak harta karun bagi orang yang ingin mendapatkan kulit bercahaya dengan biaya terjangkau.

Enzim dan antioksidan alami dalam pepaya bantu menghilangkan sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan mencegah keriput, sehingga meningkatkan kesehatan kulit.

Pepaya juga mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi pada kulit yang terbakar.

Kemudian, bila dikonsumsi pada pagi hari, pepaya dapat menenangkan kesehatan usus dan pencernaan yang baik berbanding lurus dengan kulit bercahaya.

Pereda sembelit

Mengonsumsi pepaya saat perut kosong dapat memperlancar buang air besar karena kandungan seratnya yang tinggi, sehingga dapat meredakan sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Mencegah kanker

Antioksidan dalam pepaya, seperti likopen bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi stres oksidatif, sehingga menurunkan risiko kanker.

Pepaya juga sangat baik untuk kesehatan wanita. Karoten dalam pepaya dapat merangsang rahim dan bantu mengatur siklus menstruasi hingga mengurangi kram menstruasi.

 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #intip #manfaat #makan #sepiring #pepaya #pada #pagi #hari #saja

KOMENTAR