Belum Banyak Diketahui, 4 Manfaat Buah Apel untuk Kulit
Ilustrasi buah apel. (Unsplash/Ashlee Brown)
17:21
14 Februari 2024

Belum Banyak Diketahui, 4 Manfaat Buah Apel untuk Kulit

 - Sebagian besar dari kita tahu ungkapan, “satu apel sehari menjauhkan kita dari dokter.”

Apel dikenal luas baik untuk kesehatan, tentu saja saat dimakan. Buah-buahan merupakan sumber serat yang baik, dapat meningkatkan kesehatan usus, dan bahkan dapat mengurangi risiko diabetes dan stroke.

Tapi apakah buah yang lezat dan bergizi ini juga bagus untuk kesehatan kulit? Mengutip dari Healthline, kami memberikan beberapa informasi terkait manfaat dari buah apel.

Manfaat buah apel untuk kesehatan kulit

  1. Mencegah penuaan kulit dini

Banyak perusahaan perawatan kulit kini menggunakan ekstrak apel dalam produknya.

Seperti yang ditunjukkan oleh Najia Shaikh, dokter kulit dan pendiri One Skin Clinic, ekstrak apel mengandung asam fenolik dan flavonoid, dua komponen yang sering ditemukan dalam buah-buahan.

Sebuah studi tahun 2019 mencatat bahwa asam fenolik adalah bagian penting dari diet seimbang, karena mengandung antioksidan dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Ulasan tahun 2016 menjelaskan bahwa flavonoid juga penting karena sifat antioksidan, anti-inflamasi, antimutagenik, dan anti karsinogenik nya.

Namun, banyak produk perawatan kulit anti penuaan juga mengandung bahan-bahan tersebut.

Seperti yang ditunjukkan oleh studi tahun 2019, asam fenolik dan flavonoid membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi udara.

“Ekstrak buah apel merupakan bahan yang bermanfaat karena kaya akan komposisi fitokimia,” jelas Shaikh. “Flavonoid memiliki aktivitas antioksidan, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV), polusi, dan faktor lingkungan lainnya.”

Menurut Shaikh, ekstrak buah apel mengandung senyawa flavonoid, seperti:

-        Katekin

-        Flavanol

-        Kuersetin

Itu adalah salah satu manfaat dari buah apel.

  1. Memungkinkan kulit menjadi cerah dewy

Banyak orang percaya bahwa mengoleskan cuka apel pada kulit dapat membantu mengatasi kulit kusam. Cuka sari apel merupakan turunan apel yang mengandung asam asetat dan asam sitrat.

Sebuah studi tahun 2021 menunjukkan bahwa asam asetat memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari infeksi. Penting untuk diperhatikan bahwa ini bisa berbahaya bagi kulit jika digunakan secara tidak benar.

Asam sitrat merupakan asam alfa hidroksi (AHA) yang berfungsi sebagai bahan eksfoliasi.

Seperti yang ditunjukkan oleh sebuah studi pada tahun 2018, asam sitrat dapat membantu mengelupas lapisan luar kulit anda yang kusam, sehingga memperlihatkan kulit segar dan lembab di bawahnya.

Joyce Carslaw, pendiri SmartAss Beauty, mengatakan, “Tidak seperti kebanyakan exfoliant, air buah apel tidak memiliki butiran scrub atau microbeads, yang dapat memecah protein yang menyatukan sel-sel kulit. Namun hal ini membantu mengelupas kulit mati yang membuat kulit anda tampak kusam.”

  1. Bisa mengurangi jerawat

Apel juga baik untuk mengatasi jerawat.

Seperti yang dijelaskan dalam studi tahun 2018, asam sitrat yang ditemukan dalam cuka sari apel juga dapat membantu mengurangi peradangan seperti jerawat. Namun jika berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit.

“Ekstrak buah apel (Pyrus malus) merupakan tambahan yang bagus untuk aplikasi perawatan kulit,” kata Carslaw. “Ini memiliki kandungan vitamin yang kaya termasuk vitamin A, C, serta seng, yang merupakan senyawa yang dianggap dapat membuat kulit bersih dan sehat.”

  1. Menjaga kulit tetap terhidrasi

Apel mengandung sejumlah besar vitamin E.

Dua studi lama dari tahun 1998 dan 2006 menunjukkan bahwa apel memiliki sifat pengikat air yang dapat membantu menjaga kulit tetap ternutrisi dan terhidrasi.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #belum #banyak #diketahui #manfaat #buah #apel #untuk #kulit

KOMENTAR