Mengenal Metode Intermittent Fasting yang Dilakukan Marshanda hingga Turun 21 Kg dalam Setahun, Begini Caranya!
Ilustrasi rencana makan dan cara memulai diet if 16/8 untuk pemula./Towfiqu barbhuiya./pexels
21:09
13 Oktober 2024

Mengenal Metode Intermittent Fasting yang Dilakukan Marshanda hingga Turun 21 Kg dalam Setahun, Begini Caranya!

Intermittent fasting melibatkan pembatasan asupan makanan harian pada kurun waktu tertentu.

Puasa ini cukup populer karena dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Salah satu metode intermittent fasting adalah 16/8. Para pendukung metode ini mengklaim cara ini adalah yang mudah, praktis, dan berkelanjutan untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Salah satunya adalah Marshanda.

Dari Youtube Channel Denny Sumargo, Marshanda yang saat ini tampil berbeda membagikan pengalaman dan cara dietnya yang bikin banyak orang terkesima.

Aktris cantik ini mengaku mendapatkan tekanan saat melakukan tanda tangan kontrak yang tertulis wajib turun 15 kg dalam setahun.

Namun nyatanya, dalam kurun waktu setahun, perempuan itu berhasil menurunkan 21 kg dari berat badan sebelumnya di 76 kg menjadi 56 kg. Pemain Induk Gajah ini mengaku melakukan diet IF atau intermittent fasting.

Puasa intermiten yang dilakukannya yaitu jendela buka mulai pukul 4 sore hingga 8 malam dengan dua kali makan. Jadwal ini menjadi tahapan lebih lanjut setelah bertahap memulai IF di jam 12 siang, jam 2, lalu jam 4 sore.

"Lambung dan usus, pencernaan yang tadinya ukurannya besar karena kebiasaan porsi makannya banyak, jadi mengecil.

Jadinya sekarang diajak atau dikasih makan banyak, badan aku menolak," ucap Marshanda, yang kini bermain di Jangan Salahkan Aku Selingkuh.

Praktis puasa intermittent membatasi asupan makanan dan minuman berkalori hanya 8 jam perhari. Sisanya 16 jam dilakukan untuk berpuasa atau minum air putih dan minuman lainnya tanpa kalori seperti kopi dan teh tawar.

Popularitas metode puasa ini berkembang luas karena diyakini dapat meningkatkan kontrol gula darah dan meningkatkan umur panjang.

Sementara diet lain menetapkan aturan yang ketat, diet if mudah diikuti dan dapat memberikan hasil yang terukur.

Dilansir dari healthline, puasa intermittent dianggap kurang ketat dan lebih fleksibel daripada diet lainnya dan cocok untuk sebagian besar gaya hidup.

Puasa ini dapat menghemat waktu dan uang karena kalian tidak perlu memasak dan menyiapkan makanan setiap minggu.

Inilah rencana makan dan cara memulai diet if 16/8 untuk pemula.

Memilih jendela waktu

Untuk memulai, gunakan jendela buka 8 jam dan batasi asupan pada waktu tersebut. Jendela waktu 16/8 yang populer meliputi:

1. Jam 7 pagi sampai jam 3 sore
2. Jam 9 pagi sampai jam 5 sore
3. Jam 12 siang sampai jam 8 malam
4. Jam 2 siang sampai jam 10 malam

Banyak orang yang lebih suka makan antara tengah hari dan jam 8 malam. Hal ini karena mereka hanya perlu berpuasa selama semalaman dan melewatkan sarapan.

Tetapi tetap dapat makan siang dan makan malam yang seimbang bersama dengan cemilan di sepanjang hari.

Namun, kalian bisa bereksperimen dan memilih kerangka waktu yang paling sesuai dengan jadwal dan kegiatan yang dilakukan. Mungkin ada baiknya mengatur alarm di awal dan akhir jendela makan untuk mengingatkan kapan harus mulai dan berhenti.

Daftar makanan dan rencana makan

Untuk memaksimalkan potensi manfaat kesehatan dari diet ini, penting untuk mengonsumsi makanan dan minuman utuh yang bergizi selama periode makan. Mengonsumsi makanan kaya nutrisi akan membantu melengkapi diet dan mendukung berat badan yang sehat.

Cobalah menyeimbangkan makanan setiap hari dengan berbagai macam makanan utuh seperti:

- Buah-buahan: apel, pisang, beri, jeruk, persik, pir, tomat, dll.
- Sayuran: brokoli, kubis brussel, kembang kol, mentimun, sayuran berdaun hijau, dll.
- Biji-bijian utuh: jelai, soba, quinoa, beras, gandum, dll.
- Lemak sehat: minyak zaitun dan alpukat
- Sumber protein: telur, ikan, kacang-kacangan, daging, unggas, kacang-kacangan, biji-bijian, dll.

Minuman yang bebas kalori seperti air putih dan teh dan kopi tanpa gula saat berbuka juga akan mengendalikan nafsu makan sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Sebaiknya batasi makanan olahan seperti makanan ringan kemasan, makanan yang digoreng, minuman manis, dan sebagian besar makanan beku.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #mengenal #metode #intermittent #fasting #yang #dilakukan #marshanda #hingga #turun #dalam #setahun #begini #caranya

KOMENTAR