Belajar dari Pemilu 2019, Cegah Jatuhnya Korban Jiwa Petugas KPPS dengan 4C
Pemilih memasukkan surat suara ke dalam kotak suara saat simulasi pemungutan suara Pemilu 2024 di TPS 09, Desa Tegalrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Malang, Jawa Timur, Rabu (27/12/2023). Simulasi tersebut diselenggarakan KPU Kabupaten Malang untuk melatih petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), pemilih pemula serta pemilih penyandang disabilitas dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Sebanyak 2.054.178 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Malang d
13:40
5 Februari 2024

Belajar dari Pemilu 2019, Cegah Jatuhnya Korban Jiwa Petugas KPPS dengan 4C

- Pemilihan umum (Pemilu) pada 2019 menyisakan duka. 

Setidaknya, ada 894 orang petugas petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dan sebanyak 5175 orang sakit.

Menurut Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Usia Lanjut Kementerian Kesehatan dr Nida Rohmawati, MPH ada beberapa faktor risiko jatuhnya korban pada saat itu. 

Di antaranya karena beban kerja yang berat. Pada Pemilu 2019 memang ada perubahan sistem. 

Yaitu pemilihan presiden dan wakil digabung dengan calon legislatif. 

Dengan disatukannya pemilihan, maka beban kerja menjadi sangat berat. 

Selain itu analisis dari pemerintah adanya petugas dengan usia yang sudah lanjut, kebiasaan merokok dan minum alkohol hingga jam tidur yang kurang. 

Disusul dengan jam kerja di atas 20 jam serta adanya penyakit penyerta atau komorbid.

"Dan juga ada dengan kondisi tidak sehat, ada meningitis bahkan. Meninggal karena meningitis  dan masalah ginjal," ungkapnya pada talkshow Kesiapan Kesehatan di Pemilu 2024 secara virtual, Senin (5/2/2024). 

Untuk mencegah terulangnya  tragedi ini, dr Nida pun imbau petugas KPPPS lakukan 4C. 

C yang pertama adalah 'cukup' tidur. Petugas perlu tidur minimal 6-8 jam sehari. 

"Saat ini mereka sudah sangat ibuk, katanya sampai begadang menyiapkan tempat, kertas suara. Jangan begadang kurang tidur berhari-hari menjelang hari H," imbaunya. 

Peringatan puncak Hari Gizi Nasional ke-64 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI dilakukan di Car Free Day (CFD) melalui kegiatan longmarch dari Jalan Teluk Betung menuju Monas, Minggu (28/1/2024). Peringatan Hari Gizi Nasional 2024 memiliki tema MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya MP-ASI yang kaya protein hewani dalam percepatan penurunan stunting serta meningkatkan komitmen dan kerja sama. Berbagai pihak turut mendukung kegiatan ini, salah satunya adalah AQUA yang mendukung untuk memastikan kebutuhan air minum di acara ini tercukupi. Tribunnews/HO Peringatan puncak Hari Gizi Nasional ke-64 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI dilakukan di Car Free Day (CFD) melalui kegiatan longmarch dari Jalan Teluk Betung menuju Monas, Minggu (28/1/2024). Peringatan Hari Gizi Nasional 2024 memiliki tema MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya MP-ASI yang kaya protein hewani dalam percepatan penurunan stunting serta meningkatkan komitmen dan kerja sama. Berbagai pihak turut mendukung kegiatan ini, salah satunya adalah AQUA yang mendukung untuk memastikan kebutuhan air minum di acara ini tercukupi. Tribunnews/HO (HO/HO)

Selanjutnya C yang kedua adalah cukup minum. 

Petugas KPPPS berisiko dehidrasi karena  kekurangan minum.

Menurut dr Nida, dehidrasi menjadi risiko terjadinya kesakitan dan kematian pada 5 tahun lalu.

"Kami harapkan jangan lupa minum air putih.  Kurangi minum kopi, minuman manis atau minuman kemasan manis," pesannya. 

Untuk mereka yang sakit, tidak dianjurkan mengonsumsi  minuman berenergi. 

"Itu tidak kita anjurkan sama sekali. Tubuh sedang kelelahan, metabolisme kecapekan ditambah minum energi digenjot lagi. Tubuh dipaksa dan minum alkohol," tegasnya. 

Kemudian C yang ketiga adalah cukup makan. 

"Jangan hanya makan snack, lupa makan. C keempat cukup olahraga. Oleh karena itu, kami menghimbau seluruh puskesmas (di Indonesia), ada 10.416 puskesmas menyelenggaran senam bersama petugas Pemilu,"tutupnya.
 

Editor: Anita K Wardhani

Tag:  #belajar #dari #pemilu #2019 #cegah #jatuhnya #korban #jiwa #petugas #kpps #dengan

KOMENTAR