5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Melakukan Olahraga Berat
5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Usai Olahraga./Freepik
07:22
12 Oktober 2024

5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Melakukan Olahraga Berat

Tak hanya membuat badan menjadi bugar, olahraga juga bisa memberikan banyak energi positif bagi hidup kamu.

Dengan melakukan olahraga rutin setiap hari, maka dapat meningkatkan kesehatan badan serta mengurangi beban pikiran yang dimiliki.

Namun, jika telah melakukan beberapa olahraga berat, seperti treadmill, angkat beban, dan berbagai macam olahraga lainnya.

Seringkali kamu merasa lapar, hal ini sangat wajar terjadi. Pasalnya Tubuh memerlukan tambahan asupan kalori setelah banyak terbakar saat berolahraga.

Nah, untuk itu kamu harus berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman untuk dikonsumsi. Hal ini sangat diperlukan agar usaha dan kerja keras kamu tidak sia-sia.

Berikut ini merupakan lima jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah melakukan olahraga berat yang dilansir dari akun YouTube Kunci Sehat pada Sabtu (12/10).

1. Makanan Pedas

Makanan pedas tidak boleh dikonsumsi setelah melakukan olahraga berat, karena cenderung sulit untuk dicerna.

Oleh sebab itu, dengan menghindari makanan ini merupakan pilihan yang tepat. Kamu harus mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna serta memerlukan sedikit protein dan gula untuk mengisi kembali tingkat energi kamu.

Kamu dapat mengkonsumsi minuman berkafein atau minuman yang menyegarkan untuk mengembalikan energi yang hilang usai melakukan olahraga.

2. Minuman Soda

Setelah melakukan olahraga berat sebaiknya hindari minuman bersoda. Minuman yang mengandung soda tidak dapat menggantikan elektrolit dan mineral yang hilang.

Mengkonsumsi minuman soda dapat menyebabkan gangguan pencernaan, melonjaknya kadar gula darah serta membuat kamu cepat merasa haus.

3. Steak

Tak hanya makanan pedas yang tidak boleh dikonsumsi usai berolahraga, makanan steak juga harus dihindari. Hal ini karena steak merupakan makanan yang sulit untuk dicerna.

Jika kamu ingin menaikkan berat badan, kamu dapat menambahkan rasio karbohidrat tinggi, seperi tuna dan nasi.

Tetapi, jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu harus menghindari karbohidrat dan minum shake protein untuk dapat mempertahankan otot.

4. Makanan Berminyak dan Biji-Bijian

Makanan selanjutnya yang harus kamu hindari usai melakukan olahraga, yaitu makanan yang berminyak dan biji-bijian.

Hal ini karena makanan yang mengandung lemak akan sulit untuk dicerna oleh usus dan nantinya pengiriman nutrisi yang sangat dibutuhkan ke dalam otot akan tertunda.

5. Coklat

Kamu harus menghindari mengkonsumsi cokelat batangan setelah melakukan olahraga. Untuk itu, sangat disarankan menjaga pola makan.

Namun, jika kamu tetap ingin mengkonsumsi cokelat. Kamu dapat mencairkan dua sendok makan minyak kelapa dengan satu sendok teh bubuk kakao mentah, sejumput kayu manis, dan segelas stevia untuk membuat saus coklat yang bebas gula.

Lalu kamu dapat menaruh saus coklat tersebut ke atas mangkuk yang berisi buah segar.

Nah itu dia informasi mengenai lima makanan dan minuman yang harus kamu hindari usai melakukan olahraga berat.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #makanan #minuman #yang #tidak #boleh #dikonsumsi #setelah #melakukan #olahraga #berat

KOMENTAR