5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong, Hindari saat Sarapan, Salah Satunya Kopi
Ilustrasi 5 makanan yang harus dihindari saat perut kosong dan jadi pilihan makanan terburuk saat sarapan../Pexels
06:34
12 Oktober 2024

5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong, Hindari saat Sarapan, Salah Satunya Kopi

Nutrisi yang baik sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Sifat kehidupan yang serba cepat membuat banyak orang sulit untuk mengatur kebiasaan makan, terutama yang menyangkut pilihan makanan saat perut kosong.

Sarapan adalah waktu makan di mana perut kosong untuk mengawali hari. Biasanya nggak hanya makan yang sehat, beberapa orang juga memilih makanan sesuai dengan favorit mereka untuk membuat mood baik di pagi hari.

Padahal makanan yang sehat dapat mengoptimalkan dan meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi penting.

Dilansir dari Health Shots, inilah 5 makanan yang harus dihindari saat perut kosong dan jadi pilihan makanan terburuk saat sarapan.

1. Jus buah

Bagi banyak orang, jus buah merupakan makanan pokok dalam diet. Namun, saat perut kosong, jus buah dapat memberikan beban tambahan pada pankreas. Gula dalam bentuk fruktosa dalam buah dapat berdampak negatif untuk hati.

Meskipun menjadi pilihan yang sehat, menurut penelitian dari Departemen Ilmu Gizi Universitas Toronto, saat membuat jus buah, sebagian serat hilang karena ekstraktor jus memisahkan jus dari daging buah dan kulit yang kaya serat.

Hilangnya serat dalam jus buah dapat mengakibatkan lonjakan gula darah yang relatif lebih tinggi daripada saat memakan buah itu langsung. Hal ini dapat menyebabkan diabetes dan kolesterol tinggi.

2. Buah jeruk

Buah jeruk dapat meningkatkan produksi asam dalam usus yang menyebabkan risiko gastritis dan tukak lambung.

Kandungan serat dan fruktosa yang tinggi dalam buah-buahan ini dapat memperlambat sistem pencernaan jika dikonsumsi saat perut kosong.

3. Kopi

Sayangnya ramuan kehidupan yang sering dinikmati banyak orang ini tidak dapat dikonsumsi saat perut kosong.

Minum kopi saat perut kosong akan menimbulkan keasaman karena merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan yang dapat menyebabkan gastritis.

4. Yogurt

Mengonsumsi produk susu fermentasi seperti yogurt saat perut kosong membuat bakteri asam laktat yang ada di produk ini tidak efektif.

Hal ini karena kadar asam lambung yang tinggi. Selain itu, karena kadar asam yang tinggi, lambung akan memproduksi asam klorida yang menyebabkan keasaman.

5. Salad

Sayuran mentah yang digunakan dalam salad mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk makan siang. Sayuran mentah kaya akan serat yang dapat menambah beban pada perut kosong.

Hal ini dapat menyebabkan perut kembung dan sakit perut. Misalnya tomat yang mengandung asam tanat. Jika asam ini bersentuhan dengan cairan lambung, maka dapat menyebabkan iritasi lambung.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #makanan #yang #harus #dihindari #saat #perut #kosong #hindari #saat #sarapan #salah #satunya #kopi

KOMENTAR