Solusi Mata Minus Tinggi pada Anak, Bolehkah Melakukan Operasi Lasik?
Ilustrasi anak mata minus (Pixabay)
20:24
3 Pebruari 2024

Solusi Mata Minus Tinggi pada Anak, Bolehkah Melakukan Operasi Lasik?

Beberapa anak mengalami miopi atau mata minus sebelum usia 17 tahun. Tentu saja hal ini bisa mengganggu proses belajarnya di sekolah. Selain memakai kacamata, apakah aman jika anak menjalani operasi lasik?

Direktur Pengembangan dan Pendidikan JEC Group sekaligus Dokter Spesialis Mata, Prof. Dr. Tjahjono D. Gondhowiardjo, SpM(K), PhD menegaskan jika operasi lasik tidak bisa dilakukan sebelum usia 18 tahun. Hal ini karena pertumbuhan anak masih terjadi, termasuk pada lingkar bola matanya.

"Lasik baru bisa dilakukan umur 18 tahun ke atas, jadi tidak bisa dilakukan pada remaja. Jadi misalnya dioperasi lasik usia 12 tahun, pasti minusnya akan tambah lagi," ujar Prof. Tjahjono saat konferensi pers virtual Grand Opening RS Mata JEC Orbita @Makassar, Sabtu (3/2/2024).

Laser-Assisted In Situ Keratomileusis atau operasi lasik adalah prosedur bedah yang populer untuk memperbaiki penglihatan mata yang buruk. Dalam praktiknya, laser digunakan untuk mengubah bentuk kornea mata, sehingga cahaya dapat difokuskan secara akurat pada retina.

Pada anak dengan mata minus, alih-alih melakukan operasi lasik, Prof. Tjahjano menyarankan untuk melakukan tindakan memperlambat pertumbuhan minus atau ketebalan kacamata, dengan orthokeratology.

Orthokeratology adalah penggunaan lensa kontak rigid gas permeable yang didesain khusus untuk digunakan pada malam hari saat tidur. Hal ini bertujuan untuk membentuk ulang permukaan kornea, sehingga dapat menghilangkan kelainan refraksi (mata minus dan silinder) dan menghambat kenaikan minus pada anak yang minusnya cepat bertambah.

"Kita ada pelayanan myopia control care. Jadi nantinya alat ini sejenis kontak lens di malam hari saat tertidur, diharapkan pertumbuhan minus bola mata terhambat. Tapi ini sifatnya sementara, tapi jika terlalu lama tidak dipakai orthoke-nya tidak dipakai lagi," papar dia.

Penjelasan yang sama diutarakan Direktur RS Mata JEC-Orbita @ Makassar, dr. Mirella Afifudin, Sp.M, M.Kes, lantaran mata anak berbeda pada orang dewasa, maka diperlukan dokter mata spesialis pediatrik kardiologi anak yang secara khusus mampu memantau pertumbuhan mata sebelum usia 18 tahun.

"Kami ada dokter spesialis di bidang anak nanti yang akan menilai, dengan anak minus atau silinder dengan terapi menggunakan kacamata atau kontak lens, terapi mana yang sesuai," jelas dr. Mirella.

Lebih lanjut, Prof. Tjahjono mengatakan bahwa tindakan operasi lasik dapat dilakukan dengan cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit. Umumnya hanya membutuhkan waktu 10 menit, dan rasa sakit baru akan terasa 3 jam setelah tindakan karena efek obatnya yang habis.

"Di tahap ini mata tidak boleh terkena air atau dikucek untuk mencegah infeksi, lebih dari itu besoknya bisa aman bahkan untuk kegiatan berenang sekalipun," kata profesor yang berpraktik di Jakarta Eye Center Menteng ini.

Meski begitu Prof. Tjahjono tidak menampik jika operasi lasik yang dilakukan karena minus, bukan berarti semua kelainan refraksi mata bisa dihindari.

"Jadi setelah operasi tidak ada kelainan refraksi miopia, ya sudah stop pakai kacamata. Tapi jika operasinya waktu usia muda (di atas 18 tahun) itu hanya lasik minus, karena silinder dan plusnya belum muncul, kemungkinan di usia 40 tahunan plus dan silindernya bakal muncul," paparnya.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #solusi #mata #minus #tinggi #pada #anak #bolehkah #melakukan #operasi #lasik

KOMENTAR