6 Makanan Sumber Protein yang Murah dan Mudah Dijumpai, Cocok untuk yang Ingin Melakukan Diet Sehat
Makanan sumber protein untuk diet. (Freepik)
09:53
11 Oktober 2024

6 Makanan Sumber Protein yang Murah dan Mudah Dijumpai, Cocok untuk yang Ingin Melakukan Diet Sehat

 

Protein adalah makromolekul yang terdiri dari rantai asam amino dan berperan penting dalam berbagai fungsi biologis.

Protein membentuk struktur dasar sel, berfungsi sebagai enzim yang mempercepat reaksi kimia, dan berperan dalam transportasi zat-zat penting dalam tubuh.

Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, terutama bagi orang yang sedang melakukan diet, baik untuk menaikkan berat badan maupun menaikkan.

Ternyata, ada beberapa sumber protein yang sangat mudah dijumpai dan harganya murah. Dilansir dari laman Web MD pada (11/10), berikut ini beberapa makanan yang dimaksud.

  1. Gandum

Gandum dalam berbagai bentuk mengandung 5 gram protein per porsi 1 cangkir (dimasak).

Jika ingin mengonsumsinya, Anda bisa meningkatkan serat dan rasa dengan menambahkan buah beri, kacang-kacangan, kayu manis, dan sedikit madu.

  1. Kacang tanah

Terlepas dari namanya, kacang ini tidak benar-benar kacang. Kacang tanah adalah polong-polongan, seperti kacang polong dan buncis.

Cukup dengan 1 ons kacang sudah mengandung 7,3 gram protein.

Taburkan di atas salad, tambahkan ke dalam tumisan ayam dan sayuran, dan aduk selai kacang ke dalam oatmeal pagi, atau cukup makan segenggam untuk camilan.

  1. Ikan sarden

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli makanan kaya protein. Ikan kecil berwarna keperakan seperti sarden mengandung 18 gram protein dalam porsi 1/2 cangkir.

Anda bisa membelinya dalam keadaan segar, tetapi yang kalengan lebih murah. Carilah yang dikalengkan dalam air atau minyak zaitun, dan bilas minyak tambahannya.

Cukup taburi dengan air perasan lemon dan minyak zaitun, atau taburi dengan potongan tomat dan rempah-rempah seperti kemangi atau oregano.

  1. Tempe

Tempe adalah makanan hasil fermentasi kedelai seperti tahu. Namun tempe lebih padat, dengan rasa gurih yang berbeda yang menjadikannya pengganti daging yang baik.

Tempe menawarkan 33,7 gram protein per cangkir.  Anda dapat mengukus, memanggang, atau menggorengnya, dan menambahkannya ke dalam semur dan sup.

  1. Dada Ayam

Daging ayam mengandung 27 gram protein per 4 ons sajian. Ada begitu banyak cara untuk memasak ayam, bisa dipanggang, dibakar, digoreng, ditumis, dan masih banyak lagi.

Masukkan potongan dada ayam yang sudah dimasak ke dalam salad. Tumis dengan sayuran, kecap asin, biji wijen, jahe, bawang putih, dan bumbu.

  1. Telur

Telur tidak mahal, cepat matang, dan menawarkan 6 gram protein per butirnya.

Jika Anda ingin mengurangi karbohidrat, gantilah separuh mie dalam makaroni dan keju dengan putih telur orak-arik. Rasanya akan terasa seperti pasta al dente saat dilumuri saus keju.

Itulah beberapa makanan yang tinggi protein, bisa dijadikan sebagai menu diet rutin.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #makanan #sumber #protein #yang #murah #mudah #dijumpai #cocok #untuk #yang #ingin #melakukan #diet #sehat

KOMENTAR