Berikut 6 Manfaat dari Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh dan Beberapa Contoh Makanannya
Gambar beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin A (freepik.com)
14:04
2 Februari 2024

Berikut 6 Manfaat dari Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh dan Beberapa Contoh Makanannya

 



Jawapos.com - Asupan nutrisi bagi tubuh manusia sangat dibutuhkan untuk membantu aktivitas sehari-hari. Salah satu jenis nutrisi yang penting bagi kesehatan adalah vitamin.

Vitamin yang dibutuhkan bagi tubuh sangat banyak, beberapa contoh jenis vitamin dibutuhkan setiap hari oleh tubuh manusia yaitu vitamin A, C, D, E, K, dan B.

Beberapa fungsi tubuh memerlukan vitamin A, termasuk pemeliharan penglihatan yang baik dan berfungsinya organ serta sistem kekebalan tubuh selama kehamilan.

Vitamin A merupakan istilah umum untuk sekelompok senyawa larut lemak yang penting bagi kesehatan manusia.

Dikutip Jawapos.com dari healthline.com (2/2), bahwa pria disarankan mengonsumsi Vitamin A sebanyak 900 mcg, wanita 700 mcg, serta anak-anak dan remaja 300 sampai dengan 600 mcg per harinya.

Vitamin A yang telah dibentuk sebelumnya disebut bentuk aktif vitamin yang dapat digunakan tubuh kita. Hal ini ditemukan dalam produk hewani termasuk daging, ayam, ikan dan susu.

Dilansir dari healthline.com, berikut 6 manfaat dari vitamin A bagi kesehatan yang sudah didukung oleh sains :



1. Melindungi penglihatan kita dari rabun senja dan kerusakan akibat usia.
2. Dapat menurunkan resiko penyakit kanker tertentu.
3. Mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.
4. Mengurangi resiko penyakit jerawat kita.
5. Mendukung kesehatan tulang.
6. Meningkatkan pertumbuhan dan reproduksi yang sehat dan kuat.

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang disimpan dalam tubuh kita. Artinya, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan tingkat racun dalam tubuh.

Hipervitaminosis A disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi vitamin A melalui makanan atau suplemen yang mengandung vitamin itu.

Gejalanya bisa berupa mual, pusing, sakit kepala, nyeri pada tubuh bahkan hingga kematian.

Masih dilnsir dari sumber yang sama, disebutkan ada beberapa contoh makanan yang mengandung tinggi vitamin A, seperti lauk pauk, sayur, dan buah-buahan berikut:



1. Lauk pauk

Berikut yang termasuk dalam lauk pauk mengandung tinggi vitamin A yaitu hati sapi, hati domba, sosis hati, minyak hati ikan kod, ikan makerel, ikan salmon, tuna bluefine, hati angsa, keju kambing, butter, telur, krim keju, susu, tiram, dan lain-lain.

2. Sayur

Selain lauk pauk ada juga sayur yang mengandung tinggi vitamin A seperti labu mentega, ubi, sawi hijau, lobak hijau, wortel, paprika merah, bayam.

3. Buah-buahan

Jenis buah yang mengandung vitamin A yaitu mangga, anggur, blewah, semangka, pepaya, jeruk, aprikot, jambu, dan markisa.
 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #berikut #manfaat #dari #vitamin #bagi #kesehatan #tubuh #beberapa #contoh #makanannya

KOMENTAR