Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Vitamin D? Rasakan Manfaatnya bagi Tubuh
Ilustrasi Vitamin D (Elements Envato)
11:40
10 Oktober 2024

Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Vitamin D? Rasakan Manfaatnya bagi Tubuh

Vitamin D menjadi salah satu mikronutrien penting bagi kesehatan tubuh. Vitamin D bisa didapatkan dari bahan makanan maupun suplemen. Lantas kapan waktu terbaik konsumsi vitamin D?

Selain dari bahan makanan, asupan vitamin dari suplemen terkadang diperlukan supaya tubuh tidak kekurangan jenis nutrisi yang bermanfaat untuk menyempurnakan proses metabolisme.

Nah, untuk menyempurnakan kinerja suplemen yang terkandung dalam vitamin D, sebaiknya Anda mengenali waktu terbaik untuk meminum atau mengonsumsinya. Saat dikonsumsi di waktu yang tepat, maka vitamin D bisa terserap secara maksimal sehingga dapat bekerja jauh lebih optimal.

Apa Itu Vitamin D?

Baca Juga: Bahaya Kekurangan Vitamin D, Perparah Gejala Menopause hingga Ganggu Reproduksi?

Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak dalam keluarga senyawa yang meliputi D1, D2, dan juga D3. Tubuh akan memproduksi vitamin ini secara alami ketika terpapar sinar matahari langsung. 

Tak hanya itu, manusia juga bisa mendapatkan asupan vitamin ini dari makanan dan suplemen tertentu guna memastikan kadarnya dalam darah sudah cukup terpenuhi. Salah satu fungsi penting dari vitamin D yaitu untuk mengatur penyerapan kalsium dan fosfor serta memfasilitasi fungsi dari sistem kekebalan tubuh secara normal.

Itu artinya, mendapatkan cukup vitamin D sangatlah krusial sebagai pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi, serta meningkatkan ketahanan dari penyakit tertentu.

Manfaat Vitamin D

Memenuhi asupan vitamin D sangat penting bagi tubuh guna mendapatkan beberapa manfaat kesehatan seperti berikut:

Baca Juga: Perempuan Berhijab Rentan Kekurangan Vitamin D, Dokter Kasih Solusi Agar Asupan Tercukupi

1. Melawan penyakit tertentu

Manfaat vitamin D dipercaya bisa melawan penyakit tertentu, antara lain:

  • Mengurangi risiko multiple sclerosis
  • Menurunkan potensi gangguan jantung
  • Mengurangi kemungkinan mengalami penyakit parah
  • Mendukung kekebalan tubuh.

2. Mengatur suasana hati dan mengurangi depresi

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin D memiliki peran penting dalam mengatur suasana hati serta mengurangi risiko depresi seseorang. Sedangkan, tinjauan lain menyebutkan bahwa, kadar yang rendah dapat meningkatkan risiko seseorang pada kondisi kecemasan, gejala fibromyalgia yang lebih buruk, hingga depresi. 

3. Mendukung penurunan berat badan

Orang dengan berat badan yang berlebih bisa disebabkan karena kandungan vitamin D di dalam tubuhnya rendah.

Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Vitamin D?

Dalam situs Sport Illustration disebutkan bahwa, ada dua, jenis vitamin yakni yang larut dalam air dan yang larut dalam lemak. Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak.

Sehingga, vitamin jenis ini akan bekerja secara maksimal ketika dikonsumsi bersamaan dengan makanan. Jadi seseorang disarankan, untuk minum vitamin D bersamaan dengan makan atau beberapa setelah makan, baik makan pagi, siang, maupun malam.

Akan tetapi menurut ahli, pengonsumsian vitamin D jauh lebih baik jika dilakukan saat makan pagi atau setelahnya. Sebba jika dilakukan saat makan malam, vitamin D bisa mengganggu kualitas tidur.

Sekian penjelasan mengenai kapan waktu terbaik konsumsi vitamin D. Jangan lupa selalu penuhi asupan vitamin D dalam tubuh, ya!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #kapan #waktu #terbaik #konsumsi #vitamin #rasakan #manfaatnya #bagi #tubuh

KOMENTAR