Jangan Sampai Salah! Ini Dia Waktu-Waktu yang Tidak Disarankan untuk Minum Teh
Ilustrasi. waktu yang tepat untuk mnimum teh. (Maria Saifutdinova)
20:14
1 Februari 2024

Jangan Sampai Salah! Ini Dia Waktu-Waktu yang Tidak Disarankan untuk Minum Teh

 

 Teh merupakan minuman yang banyak digemari oleh orang-orang hampir di seluruh dunia. Teh memiliki berbagai jenis, seperti teh hitam, teh hijau, teh oolong, dan lain-lain. 

Teh juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi peradangan, menurunkan risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Namun, tahukah Anda bahwa minum teh juga memiliki waktu-waktu yang tidak disarankan?

Jika Anda minum teh secara berlebihan atau tidak tepat, Anda bisa mengalami efek samping yang tidak diinginkan. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tentang waktu yang tidak disarankan untuk minum teh di bawah ini karena tidak baik untuk kesehatan, seperti yang dilansir dari Tin Roof Teas, Kamis (1/2).

Berikut Waktu yang Tidak Disarankan untuk Minum Teh

1. Jangan Minum Teh Saat Perut Kosong

Teh hangat memang sangat nikmat untuk diminum di pagi hari. Namun, ada baiknya Anda tidak mengonsumsinya saat perut masih dalam kondisi kosong karena bisa menyebabkan masalah asam lambung. 

Hal ini disebabkan oleh sifat teh yang cenderung asam dan memiliki kandungan kafein yang bisa meningkatkan kadar asam lambung.

Kafein juga bisa mengganggu produksi kortisol, hormon stres yang membantu membangunkan tubuh kita. 

Jika Anda minum teh segera setelah bangun tidur, Anda tidak akan mendapatkan manfaat penuh dari kafein tersebut. Sebaiknya, Anda menunggu satu jam hingga 90 menit sebelum minum teh di pagi hari.

2. Jangan Minum Teh Bersama atau Sesaat Setelah Makan

Teh hijau memang bisa meningkatkan pencernaan Anda, tetapi jika minum teh bersama dengan makan atau sesaat setelahnya, dapat mengurangi penyerapan nutrisi dari makanan. 

Hal ini dapat membuat kekurangan nutrisi dalam jangka panjang. Cobalah menjaga jarak setidaknya 20 menit antara waktu makan Anda dan teh hijau.

Hal ini terutama berlaku untuk makanan yang mengandung zat besi, seperti daging, telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. 

Teh mengandung senyawa yang disebut tanin, yang bisa mengikat zat besi dan menghambat penyerapannya oleh tubuh. Jika Anda kekurangan zat besi, Anda bisa mengalami anemia, lemas, pucat, dan mudah sakit.

3. Jangan Minum Teh Sebelum Tidur

Layaknya kopi, teh juga memiliki kandungan kafein yang bisa menghilangkan rasa kantuk. Mengonsumsinya sebelum tidur dikhawatirkan bisa membuat Anda susah tidur. 

Kafein bisa merangsang sistem saraf dan meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh. Hal ini bisa mengganggu siklus tidur Anda dan menyebabkan Anda merasa lelah keesokan harinya.

Jika Anda ingin minum teh di malam hari, pilihlah teh herbal yang tidak mengandung kafein, seperti chamomile, lavender, atau mint. 

Teh herbal ini bisa membantu Anda rileks dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Anda juga bisa menambahkan madu, susu, atau lemon untuk menambah rasa dan manfaat teh herbal Anda.

Teh adalah minuman yang baik untuk kesehatan, tetapi Anda harus minum teh dengan bijak. Jangan minum teh saat perut kosong, bersama atau sesaat setelah makan, atau sebelum tidur. 

Minumlah teh sesuai dengan kebutuhan dan toleransi Anda. Pilihlah teh yang sesuai dengan selera dan kondisi Anda. Selamat menikmati teh Anda! 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #sampai #salah #waktu #waktu #yang #tidak #disarankan #untuk #minum

KOMENTAR