Survei Rumah Sakit Jiwa, 1 dari 4 Pekerja Struggling dengan Kesehatan Mental
Salah satu manfaat bermain catur untuk kesehatan mental adalah meredakan stres (freepik/gratispik)
15:34
9 Oktober 2024

Survei Rumah Sakit Jiwa, 1 dari 4 Pekerja Struggling dengan Kesehatan Mental

- Berdasar survei mandiri Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya per Agustus 2024, 23 persen pegawai di suatu instansi terindikasi memerlukan layanan kesehatan jiwa. Satu dari empat pekerja struggling dengan kesehatan mentalnya sebagaimana yang dialami Sari (bukan nama sebenarnya), seorang copywriter di sebuah perusahaan swasta di Surabaya.

Sari memberanikan diri menghubungi psikolog. Selama setahun pertama bekerja, perempuan 26 tahun tersebut selalu merasa cemas dan ketakutan setiap akan berangkat kerja. Dia pun jadi sulit tidur dan kehilangan nafsu makan.

”Hampir 90 persen waktu di kantor saya habiskan buat overthinking. Jadi sering self-blaming dan merasa nggak pantas karena hasil kerja saya tidak pernah diakui,” ceritanya kepada Jawa Pos pada Jumat (4/10).

Sari akhirnya mencari bantuan psikolog. Dia memilih konsultasi daring lantaran malu jika harus bertatap muka langsung. Belum lagi stigma buruk yang berkembang di masyarakat. ”Saya merasa sharing ke orang terdekat sudah nggak ngefek seperti sebelumnya,” lanjutnya.

Kini, perlahan Sari mulai bisa menghargai dirinya. ”Dampaknya nggak langsung terasa, tapi bertahap. Mentor pelan-pelan menyisir benang kusut di kepala saya,” ungkapnya. Dia juga berani mengambil keputusan besar untuk berhenti dan mencari lingkungan kerja baru yang lebih sehat.

”Kami saat ini sedang jemput bola, berkeliling ke beberapa perkantoran, mengedukasi dan mengajak para pekerja melakukan skrining secara dini yang langsung terhubung ke layanan Ojo Bingung. Nanti yang bersangkutan kami kontak terkait hasil kondisinya,” ujar Direktur RS Jiwa Menur drg Vitria Dewi MSi.

Di sisi lain, perusahaan perlu meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan mental pekerjanya. Salah satunya membangun budaya kerja yang dapat menunjang gaya hidup sehat dan seimbang, suportif, serta empati. ”Bisa dengan memfasilitasi layanan psikolog profesional atau melakukan evaluasi kesehatan mental karyawan secara berkala untuk kemudian dilakukan intervensi,” saran Disya. (lai/c6/nor)

---

TIPS MANAJEMEN STRES DI TEMPAT KERJA

• Menyeimbangkan hidup dalam lingkungan sosial dan pekerjaan

• Bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya

• Jaga kesehatan dengan olahraga atau aktivitas fisik rutin

• Tidur cukup, makan bergizi seimbang, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat

• Kembangkan hobi, dekatkan diri kepada Tuhan, berpikir positif, tenangkan diri dengan relaksasi.

Upaya yang Dapat Dilakukan Perusahaan

• Menciptakan lingkungan kerja yang suportif, memberikan feedback, dan membudayakan apresiasi

• Mendorong kesadaran dan edukasi kesehatan mental

• Memberikan beban kerja secara bertahap

• Fleksibilitas kerja

• Promosi keseimbangan kehidupan kerja

• Pelatihan manajerial

• Menyediakan akses terhadap layanan kesehatan mental

Sumber: dr Efendi Rimba SpKJ, dokter spesialis kedokteran jiwa RS Jiwa Menur

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #survei #rumah #sakit #jiwa #dari #pekerja #struggling #dengan #kesehatan #mental

KOMENTAR