Sering Disebut Berbahaya Bagi Kesehatan, Ternyata Mie Instan Boleh Dimakan Setiap Hari, Berikut Penjelasannya
Mie instan boleh dikonsumsi setiap hari dengan beberapa catatan. (nypost.com)
13:09
30 Januari 2024

Sering Disebut Berbahaya Bagi Kesehatan, Ternyata Mie Instan Boleh Dimakan Setiap Hari, Berikut Penjelasannya

Jawapos.com - Sering disebut sebagai makanan yang berbahaya bagi kesehatan, mie instan kerap kali dilarang untuk dikonsumsi setiap hari.

Hal tersebut disebabkan karena beberapa masalah kesehatan yang mengancam jika seseorang terus menerus mengonsumsi mie instan berlebih.

Namun tahukah kalian? jika ternyata mie instan boleh dimakan setiap hari. Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Dokter Tirta dalam kanal YouTube pribadinya Tirta PengPengPeng.

Dalam video yang berdurasi delapan menit 48 detik tersebut, Dokter Tirta tampak menjelaskan mengenai kandungan daripada satu bungkus mie instan.

Dimana dalam komposisi mie pada umumnya akan terdapat protein dengan jumlah yang kecil, karbohidrat yang sedikit, dan komposisi garam natrium yang cukup tinggi.

Bahkan Dokter Tirta menyebut, kandungan garam natrium dalam satu bungkus mie instan sudah memenuhi 80 persen kebutuhan garam dalam tubuh.

“Bayangin kalo kamu makan mie dobel,” ungkapnya menjelaskan bahaya kelebihan garam natrium pada tubuh manusia.

Dokter Tirta pun mengatakan, bahwa kandungan bumbu yang terkandung pada satu bungkus mie instan inilah yang menyebabkan mie instan kerap disebut sebagai makanan yang berbahaya jika dikonsumsi berlebih.

“Mienya itu biasa aja, terbuat dari gandum, bagus buat energi,” ucapnya.

Dokter Tirta juga menyebut, bahwa sebenarnya konsumsi mie instan setiap hari merupakan hal yang diperbolehkan. Dengan catatan, jika orang tersebut memiliki aktivitas tubuh yang berat.

Sebagai contoh, jika seseorang terus berolahraga setiap hari, maka orang tersebut juga akan mengeluarkan kalori dalam jumlah yang banyak, bahkan di atas rata-rata manusia normal.

Dengan demikian, kebutuhan akan gizi juga naik, sehingga diperbolehkan untuk memakan mie instan dalam jumlah yang lebih banyak.

Hal tersebut disebabkan karena kandungan garam berlebih yang terserap oleh tubuh akan dikeluarkan melalui urin dan keringat saat orang tersebut beraktivitas.

Lebih jauh, Dokter Tirta pun mengatakan bahwa konsumsi mie instan berlebih akan berbahaya jika si pengonsumsi tidak memiliki aktivitas.

“Yang bahaya tu apa? kamu makan mie lima bungkus tapi nggak olahraga sama sekali,” ungkapnya.

Sementara jika hal itu dilakukan, maka orang tersebut akan terancam penyakit hipertensi dan obesitas atau berat berlebih.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #sering #disebut #berbahaya #bagi #kesehatan #ternyata #instan #boleh #dimakan #setiap #hari #berikut #penjelasannya

KOMENTAR