Ciri-ciri Kanker Usus Besar dan Penangannya yang Banyak Diderita Anak Muda
ilustrasi kanker usus besar. (freepik)
18:16
8 Oktober 2024

Ciri-ciri Kanker Usus Besar dan Penangannya yang Banyak Diderita Anak Muda

Tahukah Anda, belakangan ini terjadi peningkatan kasus  penyakit kanker kolorektal atau kanker usus besar. Ternyata penyakit ini tidak hanya menyerang usia lanjut saja, akan tetapi juga usia muda di bawah 50 tahun juga bisa mengalaminya. Lantas apa saja ciri-ciri kanker usus besar tersebut?

Spesialis onkologi dan Associate Profesor Kedokteran di Harvard Medical School, Kimmie Ng mengatakan bahwa insiden kanker usus besar di dunia telah meningkat sebesar 2 hingga 3 persen per tahun pada orang muda atau di bawah usia 50 tahun sejak pertengahan 1990-an.

Kabar ini tentu saja sangat mengkhawatirkan banyak orang. Ketahui ciri-ciri dan gejala kanker usus besar, serta upaya untuk menanganinya melalui ulasan di bawah ini. 

Kanker Usus Besar yang Patut Diwaspadai

Kanker usus besar merupakan suatu kondisi medis berupa munculnya pertumbuhan tumor ganas pada usus besar yang merupakan bagian terakhir dari sistem pencernaan.

Baca Juga: Mammografi dan SADARI: Kunci untuk Deteksi Dini Kanker Payudara yang Efektif

Kanker jenis ini biasanya diawali oleh polip atau tumor jinak. Kemudian jika tidak mendapatkan penanganan medis, pada beberapa kasus tumor jinak pada usus besar akan berpotensi berkembang menjadi sel kanker.

Kanker usus besar biasanya juga tidak menimbulkan gejala awal, sehingga banyak penderita yang terlambat dan baru menyadari dirinya mengidap penyakit ini ketika sel kanker telah menyebar. Lantas, seperti apa ciri-ciri kanker usus besar dan bagaimana penanganannya? 

Ciri-Ciri Kanker Usus Besar

Ada beberapa ciri-ciri dan gejala kanker usus besar yang perlu diwaspadai, antara lain:

  • Perubahan kebiasaan buang air besar (seperti diare, konstipasi atau penyempitan tinja, yang berlangsung selama lebih dari beberapa hari).
  • Perasaan belum lega setelah buang air besar. 
  • Pendarahan dubur dengan darah merah yang cerah.
  • BAB berdarah, yang mungkin membuatnya terlihat berwarna coklat tua atau hitam. 
  • Kram atau sakit perut.
  • Merasa lesu dan kelelahan. 

Hingga saat ini, penyebab kanker usus besar belum diketahui dengan jelas, hanya saja ada beberapa hal yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang menderita kanker usus besar, antara lain adalah jarang makan serat, jarang berolahraga, dan memiliki kebiasaan merokok. 

Penanganan Kanker Usus Besar

Penanganan dan pengobatan kanker usus besar dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

Baca Juga: Remaja Perempuan Penting Deteksi Dini Kanker Payudara, Ini Penjelasan Dokter

1. Operasi

Operasi akan dilakukan untuk mengangkat jaringan kanker di usus besar, dengan cara memotong dan mengangkat bagian usus besar yang terkena kanker beserta sedikit jaringan sehat di sekitarnya.

2. Kemoterapi

Kemoterapi yaitu pemberian obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker.

3. Radioterapi

Radioterapi yaitu penggunaan sinar radiasi untuk membunuh sel-sel kanker, di mana sinar ini bisa dipancarkan dari alat di luar tubuh (radioterapi eksternal), atau dari alat yang dipasang dekat lokasi kanker (Radioterapi Internal). 

4. Terapi target

Obat dalam terapi target ini akan bekerja dengan membunuh sel-sel kanker secara spesifik. Obat terapi target bisa diberikan dalam obat tunggal maupun dikombinasikan dengan obat lainnya. 

Penting bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat terutama dengan pola makan untuk mencegah kanker usus besar.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #ciri #ciri #kanker #usus #besar #penangannya #yang #banyak #diderita #anak #muda

KOMENTAR