Memahami Trauma, Berikut Pengertian, Jenis, Gejala, dan Strategi Pengobatan yang Efektif
Ilustrasi perempuan yang mengalami trauma dan stres (freepik.com)
20:18
25 Januari 2024

Memahami Trauma, Berikut Pengertian, Jenis, Gejala, dan Strategi Pengobatan yang Efektif

- Apa itu trauma? Biasanya, kebanyakan orang mengartikan bahwa, trauma memiliki hubungan dengan masa lalu, yang membuat seseorang merasakan suatu hal yang tidak mengenakkan.

Dilansir dari discoverymood.com, trauma merupakan respon emosional dan psikologis akibat peristiwa yang sudah terjadi dan berlangsung menegangkan, sehingga terkadang tanpa disadari, kejadian tersebut dapat memengaruhi kegiatan sehari-hari.

Biasanya, peristiwa yang dapat menimbulkan trauma, yaitu bencana alam, kecelakaan, mendapatkan secara fisik, pelecehan, dan masih banyak peristiwa lainnya.

Tetapi, tidak semua orang yang mengalami peristiwa tersebut mengalami trauma. Hal tersebut membuat trauma memiliki berbagai jenis.

Begitu pula dengan efek yang terjadi, ada trauma yang akan hilang dalam beberapa minggu, tetapi ada juga memiliki efek jangka panjang.

Oleh karena itu, penting mengetahui secara detail seputar trauma, berikut pengertian, jenis, gejala, dan cara mengatasi trauma.

Definisi Trauma

Trauma adalah respon secara emosional, yang terjadi karena peristiwa yang mengerikan, misalnya kecelakaan maupun bencana alam.

Tetapi, seseorang memungkinkan mengalami trauma sebagai respon terhadap peristiwa apa pun yang dianggap mengancam atau bahkan mengancam dapat membahayakan, baik secara emosional maupun fisik.

Oleh karena itu, orang yang mengalami trauma dapat merasakan berbagai emosi, yang dapat terjadi setelah kejadian maupun dalam jangka panjang.

Adapun emosi yang biasa dirasakan, yaitu seperti kewalahan, terkejut, tidak berdaya, dan kebingungan, dan kesulitan dalam memproses pengalam, tidak hanya itu, ternyata trauma juga memiliki gejala fisik.

Dampak trauma jangka panjang terhadap kesehatan, jika gejala terus menerus terjadi dan tidak berkurang, dapat mengindikasikan bahwa trauma berkembang menjadi post-traumatic stress disorder (PTSD) atau gangguan stres pasca trauma.

Jenis-Jenis Trauma

Dilansir dari medicalnewstoday.com, ada beberapa jenis trauma yang dapat terjadi kepada seseorang, penjelasan sebagai berikut.

Trauma akut, biasanya jenis trauma ini diakibatkan oleh satu peristiwa yang membuat stres atau bahkan tidak mengenakkan.

Trauma kronis, biasanya diakibatkan oleh kejadian tidak mengenakkan secara berulang-ulang, misalnya kekerasan pada anak di masa kecil hingga dewasa.

Trauma kompleks, ini terjadi akibat dari paparan terhadap seseorang dengan berbagai peristiwa yang traumatis.

Gejala Trauma

Trauma memiliki gejala yang ringan hingga berat. Terdapat beberapa faktor yang dapat menentukan.

Hal tersebut mengacu pada peristiwa traumatis, yang akan memengaruhi seseorang, seperti karakteristik dari seseorang itu sendiri dan kondisi kesehatan mental yang lain.

Selain itu, adanya paparan dari peristiwa sebelumnya terhadap peristiwa traumatis, jenis kejadian, ciri-ciri kejadian, latar belakang, hingga pendekatan dalam menangani emosi.

Adapun respon psikologi dan emosional yang dapat terjadi dari penderita trauma, seperti penyangkalan, marah, takut, kesedihan, malu, kecemasan, kebingungan, depresi, merasa salah, mati rasa, putus asa, lekas marah, dan kesulitan konsentrasi.

Tidak hanya itu, orang yang mengalami trauma juga dapat menyebabkan gejala fisik, seperti sakit kepala, gejala pencernaan, kelelahan, jantung berdebar, berkeringat, dan merasa gelisah.

Cara Mengatasi Trauma

Beberapa cara untuk membantu penderita trauma, dapat mengatasi gejala yang ditimbulkan dengan meningkatkan kualitas hidup.

Selain itu, dapat dilakukan terapi bersama tenaga profesional. Adapun jenis terapi untuk penderita trauma juga bermacam-macam.

Mulai dari, terapi perilaku kognitif, desensitisasi dan pemrosesan ulang gerakan mata, terapi melalui obat-obatan, hingga terapi somatik.

Oleh karena itu, sebelum melakukan beberapa cara mengatasi trauma tersebut, alangkah baiknya dapat melakukan konsultasi terhadap tenaga yang profesional di bidang tersebut.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #memahami #trauma #berikut #pengertian #jenis #gejala #strategi #pengobatan #yang #efektif

KOMENTAR