Begini Cara Menghilangkan Plak dan Karang Gigi di Rumah, dan Ketahui Cara Pencegahannya
Ilustrasi Plak dan Karang Gigi / Sumber : Freepik
15:03
9 Januari 2024

Begini Cara Menghilangkan Plak dan Karang Gigi di Rumah, dan Ketahui Cara Pencegahannya

– Saat seseorang mengonsumsi makanan, maka bakteri dalam mulut akan menguraikan karbohidrat dari makanan menjadi asam.

Uraian tersebut akan bercampur dengan sisa-sisa partikel makanan dan air liur sehingga membentuk plak pada gigi.

Menyikat gigi secara teratur dapat mencegah terjadinya plak dan karang gigi.

Namun, karang gigi menjadi lebih sulit dihilangkan dan terkadang memerlukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk pembersihan lebih lanjut.

Kondisi mulut yang buruk dapat menyebabkan bau mulut, pembusukan gigi, dan penyakit gusi.

Hal itu dapat menjadi potensi antara penyakit gusi dengan kondisi kesehatan lainnya, seperti pneumonia, demensia, dan penyakit jantung.

Plak adalah lapisan lunak dan lengket yang terbentuk di sepanjang garis gusi. Jika seseorang tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik, plak dapat berubah menjadi zat keras berwarna kuning-coklat yang disebut karang gigi.

Karang gigi lebih sulit untuk dihilangkan saat menumpuk di atas garis gusi, dapat menyebabkan pembengkakan gusi dan perdarahan yang lebih mudah.

Meskipun menjaga kebersihan gigi yang baik dapat membantu mencegah plak, ternyata menghilangkan karang gigi mungkin lebih sulit dilakukan daripada plak.

Hal tersebut disebabkan oleh karang gigi merupakan plak yang sudah mengeras sehingga penggunaan sikat gigi tidak dapat menghapusnya.

Biasanya, dokter gigi menggunakan berbagai alat untuk menghapus plak yang mengeras dari gigi.

Dilansir dari Medical News Today, berikut cara sederhana untuk menghilangkan plak dan karang gigi, serta cara pencegahannya.

Cara Menghilangkan Plak dan Karang Gigi

1. Menyikat dengan Soda Kue

Menyikat gigi dengan soda kue dapat efektif untuk menghilangkan plak. Meskipun bersifat abrasif, pasta gigi berbahan dasar soda kue tidak sekeras enamel yang membentuk gigi dan dapat menghapus plak tanpa merusak enamel.

Soda kue diketahui juga melindungi terhadap demineralisasi, yaitu suatu proses kimia yang menghilangkan kalsium dari enamel gigi.

Karbohidrat dari makanan dapat secara drastis menurunkan tingkat pH di mulut, menciptakan kondisi asam yang menyebabkan demineralisasi.

Soda kue mengurangi demineralisasi karena memiliki pH tinggi, yang dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH di dalam mulut dan mencegah kehilangan enamel.

2. Penggunaan Minyak Kelapa

Metode penarikan dengan minyak kelapa merupakan ramuan tradisional yang dikatakan dapat menghilangkan bakteri dari mulut dan meningkatkan kesehatan mulut.

Hal ini dapat dilakukan dengan berkumur, atau menarik, minyak yang ada di dalam mulut melalui celah-celah antara gigi.

Minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Minyak ini juga mengandung asam laurat, sejenis asam lemak dengan sifat antimikroba.

3. Menjaga Kebersihan Gigi

Cara terbaik untuk menghilangkan plak dan karang gigi adalah dengan menjaga kebersihan gigi yang baik. Direkomendasikan menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Selain menyikat gigi dengan pasta gigi, juga direkomendasikan untuk menggunakan benang gigi sekali sehari untuk menjaga kebersihan gigi.

4. Gunakan Alat Water Flosser

Alat water flosser dapat membantu mencapai plak di antara gigi. Alat ini menggunakan tekanan air untuk menggeser makanan dan plak di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh benang gigi.

Penggunaan water flosser bersamaan dengan sikat gigi lebih efektif dalam menghilangkan plak dibandingkan dengan penggunaan benang gigi dan sikat gigi manual.

Cara Mencegah Plak dan Karang Gigi

Cara terbaik untuk mencegah plak dan karang gigi adalah dengan menggunakan benang gigi sekali sehari dan menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Selain itu, perlu diingat untuk secara teratur mengganti sikat gigi, karena keefektifan dari sikat gigi berkurang seiring dengan penggunaan.

Pemeriksaan gigi rutin dan pembersihan profesional juga dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah kesehatan mulut.

Dokter gigi akan memeriksa seluruh mulut, mencari tanda-tanda pembusukan gigi, penyakit gusi, dan kanker mulut.

Selain itu, dokter gigi juga akan menghapus plak atau karang di tempat yang sulit dijangkau.

Dokter gigi juga dapat memberikan perawatan dengan fluoride untuk membantu mencegah pembusukan gigi.

Untuk mengurangi risiko plak dan karang gigi sebaiknya hindari untuk mengonsumsi permen, makanan berpati atau ber gula yang dapat menempel pada gigi seperti roti, keripik kentang, dan beberapa buah kering, minuman bersoda, dan jus buah beraroma sitrus.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #begini #cara #menghilangkan #plak #karang #gigi #rumah #ketahui #cara #pencegahannya

KOMENTAR