Manfaat Dahsyat Buah Kiwi, Bantu Mengendalikan Stres dan Mengatasi Sulit Tidur
Buah kiwi yang hendak isantap Jesslyn Grace Hartono ini kaya vitamin C. Bahkan lebih tinggi dari jeruk dan stroberi. (Angger Bondan/Jawa Pos)
11:10
5 Oktober 2024

Manfaat Dahsyat Buah Kiwi, Bantu Mengendalikan Stres dan Mengatasi Sulit Tidur

Bila cemas atau stres, buah kiwi bisa menjadi pilihan untuk membantu meredakannya. Khasiat kesehatan itu telah didukung banyak penelitian ilmiah. Kiwi juga terbukti membantu mengatasi sulit tidur dan mencapai kondisi rileks. Khasiat ini diharapkan bisa mendukung tercapainya kesehatan mental yang perlu berdampingan secara harmonis dengan kesehatan fisik.

---

MANFAAT kesehatan buah kiwi itu sangat erat kaitannya dengan begitu beragam kandungan nutrisinya. Di antaranya, nutrisi mikro, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, mineral kalium, dan tembaga. Juga ada protein, fitonutrien betakaroten yang berkhasiat antioksidan, dan enzim.

Yang pasti, buah ini memang dikenal karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan, ada informasi kandungan tersebut lebih tinggi dibandingkan jeruk, stroberi, blueberry, pisang, dan nanas. Sementara, ilmu kesehatan meyakini terdapatnya hubungan yang erat antara kecukupan vitamin C di dalam tubuh manusia dan terjaganya kesejahteraan psikologis.

Tanaman asal bernama Actinidia deliciosa dari keluarga Actinidiaceae. Berasal dari daratan Tiongkok dan Taiwan, lalu dibudidayakan secara komersial di Selandia Baru dan California. Di Tiongkok, kiwi tumbuh baik di kawasan pegunungan dan konon bisa juga ditanam di Indonesia. Nama buah ini berasal dari nama burung yang menjadi simbol negara Selandia Baru, yaitu burung kiwi. Sebelumnya, dalam bahasa Inggris namanya Chinese gooseberry.

Pohon kiwi berkelamin dua, jadi ada pohon yang menghasilkan bunga jantan dan ada yang hanya punya bunga betina. Ada spesies lain yang dikenal dari warna daging buahnya, misalnya warna ungu pada Actinidia purpurea. Juga ada golden kiwi berasal dari tanaman Actinidia chinensis.

Di pusat perbelanjaan, umumnya dikenal dua jenis buah kiwi. Yaitu, yang berdaging buah warna hijau (green kiwi fruit) dan kuning (gold kiwi fruit). Buah kiwi hijau bentuk oval, kulitnya hijau cokelat berbulu pendek, daging buah warna hijau dengan biji kecil warna hitam yang bisa dimakan, dan rasanya tidak terlalu manis. Sementara gold kiwi fruit bentuknya oval, kulit luar tidak berbulu, warna kulit kuning cokelat, daging buah warna keemasan, dan rasa lebih manis.

Sehat Mental dan Kesejahteraan Psikis

Organisasi Kesehatan Dunia mengkhawatirkan meningkatnya persentase penduduk dunia yang hidup dalam keadaan depresi. Keadaan ini secara perlahan tapi pasti memberikan beban psikososial dan menurunkan kualitas hidup. Ini akan menggiring terjadinya gangguan personality, mood, hubungan antarmanusia, yang bisa berujung kematian. Jadi, taat menjalani pola hidup sehat adalah syarat utama agar orang selalu sehat jasmani dan rohani. Kebutuhan nutrisi lengkap mutlak dengan konsumsi buah dan sayuran yang cukup agar orang tidak mudah mengalami gangguan kesejahteraan psikis.

Hasil studi menyatakan, kecukupan buah bisa menurunkan risiko gangguan cemas, mood, meningkatkan kesehatan mental yang positif agar kesejahteraan psikis menjadi lebih baik. Untuk menjabarkan efek buah kiwi bagi kesehatan mental, peneliti dari Australia membuat ulasan ilmiah yang dipublikasikan (2022). Yaitu, tentang pengaruh pemberian buah golden kiwi pada hewan coba tikus yang dibuat mengalami kekurangan vitamin C.

Metode uji dan pengukuran hasil dilakukan dengan metode pilihan untuk menghindari keraguan. Hewan coba usia muda dibuat mengalami kekurangan kadar vitamin C plasma, lalu dibagi dalam kelompok. Ada yang menerima dua buah gold kiwi per hari, ada kelompok penerima vitamin C 250 mg sebagai suplemen, dan kelompok plasebo selama 28 hari. Uji psychological well-being dan penetapan kadar vitamin C dilakukan sesuai protokol.

Hasilnya menunjukkan, kelompok yang diberi buah kiwi mengalami perbaikan signifikan pada suasana hati (mood) dibandingkan kelompok kontrol. Kelompok suplemen mengalami perbaikan yang tidak signifikan pada kesejahteraan disertai timbulnya rasa lelah. Kelompok yang diberi kiwi dan kelompok vitamin C mengalami perbaikan kadar vitamin C dalam darah hewan coba.

Vitamin C yang didapat melalui konsumsi buah kiwi ternyata memberikan manfaat yang lebih besar pada perbaikan vitalitas dibandingkan vitamin C suplemen. Telaah studi ini menengarai kemungkinan terdapatnya kerja bareng antara vitamin C sebagai antioksidan dan kandungan vitamin E kiwi sebagai pengatur mood. Zat besi adalah elemen yang berperan pada pembentukan neurotransmitter serotonin dan dopamin, yang berperan mengatasi gangguan mood dan behaviour. Peran itu ternyata dapat ditingkatkan melalui vitamin C.

Dari uji ini ada manfaat lain yang dapat dipelajari, yaitu efek kandungan serat dalam memperbaiki fungsi saluran cerna. Diketahui melalui riset, konsumsi gold kiwi memperbaiki kelancaran buang air besar disertai perbaikan frekuensi gerakan peristaltik usus besar bagian bawah (bowel). Keadaan itu diikuti penurunan gangguan lambung, termasuk mual dan gangguan pencernaan. Nah, perbaikan kondisi kesehatan saluran cerna itu secara tidak langsung memberikan andil pada membaiknya kesejahteraan psikis.

Mencegah Flu dan Demam

Jangan pernah memandang enteng infeksi saluran pernapasan bagian atas. Ini biasanya terjadi pada perubahan cuaca. Tandanya demam dan flu yang pasti mengganggu aktivitas manusia, termasuk pekerjaan. Gangguan itu selalu tidak terpisah dari melemahnya sistem imunitas tubuh.

Tidak ada obat flu, jadi penguatan imunitas adalah cara terbaik untuk pencegahan dan pengobatannya. Yang pasti, hal itu bisa didapat melalui pengaturan makanan. Kiwi adalah sumber nutrisi ampuh untuk mencegah dan mengatasi infeksi itu. Uji pada hewan coba membuktikan peran buah kiwi pada perbaikan kekuatan imunitas.

Buktinya terlihat melalui perbaikan fungsi imun, umpama immunoglobulin yang meningkat setelah mengonsumsi ekstrak buah kiwi selama 30 hari. Kandungan kiwi bisa melindungi sel imun dari kerusakan oksidatif yang menyebabkan rusaknya integritas dinding sel sistem imun. Kerusakan itu pasti mengganggu komunikasi antarsel imun.

Sebuah uji dilakukan terhadap responden lanjut usia yang punya risiko tinggi terkena infeksi saluran napas melalui pemberian empat buah gold kiwi fruit per hari. Lalu, efeknya dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi buah pisang selama empat minggu. Hasilnya menunjukkan terjadinya pemendekan waktu penyembuhan gangguan tenggorokan dan sakit kepala pada kelompok kiwi dibandingkan kelompok buah pisang. (*)


PROF DR APT MANGESTUTI AGIL MS, Guru Besar Botani Farmasi dan Farmakognosi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga

Youtube: Kanal Kesehatan Prof Mangestuti

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #manfaat #dahsyat #buah #kiwi #bantu #mengendalikan #stres #mengatasi #sulit #tidur

KOMENTAR