WHO Ingatkan Wabah Penyakit X, Persiapan Penanganan Baru Setelah Covid-19
Wabah penyakit X. (Pexel)
12:57
23 Januari 2024

WHO Ingatkan Wabah Penyakit X, Persiapan Penanganan Baru Setelah Covid-19

 - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (17/1), mengingatkan masyarakat dunia untuk bersiap menghadapi pandemi berikutnya yang disebut ‘Penyakit X’.

Penyakit X adalah istilah yang digunakan WHO untuk menggambarkan penyakit yang belum diketahui dan berpotensi menyebabkan krisis kesehatan global.

Dilansir dari NDTV (23/1), Direktur Jenderal WHO Tedros bergabung dengan para pemimpin dunia di KTT Davos untuk membahas strategi menghadapi potensi pandemi berikutnya.

Pada pertemuan tersebut WHO dan para ahli kesehatan membicarakan mengenai persiapan untuk menghadapi penyakit X yang akan terjadi setelah adanya penyakit Covid-19 yang mematikan.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa pandemi COVID-19 telah menunjukkan betapa rentannya dunia terhadap ancaman kesehatan yang tidak terduga. 

Menurut WHO, pandemi berikutnya mungkin disebabkan oleh virus “placeholder” hipotesis bernama “Penyakit X”, yang menyatakan bahwa penyakit tersebut mungkin sudah “sedang dalam perjalanan”. Menurut para ilmuwan, Penyakit X bisa 20 kali lebih mematikan dibandingkan Covid-19. 

Dirjen WHO Tedros Ghebreyesus telah meminta negara-negara anggota untuk menandatangani perjanjian pandemi organisasi kesehatan tersebut dan mencapai kesepakatan pandemi untuk mengatasi ancaman pandemi lain yang mungkin disebabkan oleh virus “penampung” hipotesis bernama “Penyakit X”.

Ghebreyesus, ketika berbicara di depan audiensi di Forum Ekonomi Dunia di Davos, mengatakan bahwa ia berharap negara-negara akan mencapai kesepakatan pandemi pada bulan Mei untuk mengatasi “musuh bersama” ini.

''Ada hal-hal yang tidak diketahui yang mungkin terjadi, dan apapun yang terjadi adalah soal kapan, bukan kapan, jadi kita perlu memiliki penggantinya, untuk penyakit yang tidak kita ketahui,'' kata Ghebreyesus.

“Kami kehilangan banyak orang [selama COVID] karena kami tidak bisa menangani mereka. Mereka bisa diselamatkan, tapi tidak ada ruang. Tidak ada cukup oksigen. Jadi bagaimana Anda bisa memiliki sistem yang bisa berkembang ketika dibutuhkan? '', dia menambahkan.

Ia lebih lanjut mengatakan bahwa WHO telah mulai menerapkan langkah-langkah untuk mempersiapkan wabah lain termasuk pembentukan dana pandemi dan pembentukan ''pusat transfer teknologi'' di Afrika Selatan.

''Ekuitas. Itu adalah masalah yang serius. Banyak negara berpendapatan tinggi yang menimbun vaksin. Untuk mengatasi masalah ekuitas, kami mendirikan pusat transfer teknologi mRNA di Afrika Selatan. Ini untuk meningkatkan produksi lokal…,” jelasnya.

Apa itu penyakit X?

Penyakit X bukanlah penyakit spesifik namun merupakan nama yang diberikan untuk agen infeksi baru yang potensial.

Ini mewakili penyakit yang saat ini tidak diketahui namun dapat menimbulkan ancaman mikroba yang serius bagi manusia di masa depan. 

Hal ini perlu diwaspadai karena terdapat banyak sekali reservoir virus yang beredar di satwa liar yang dapat menjadi sumber penyakit menular baru yang tidak dapat dilawan oleh manusia.

Memberi label potensi ancaman ini sebagai “Penyakit X” dimaksudkan untuk memprioritaskan persiapan menghadapi penyakit yang belum memiliki vaksin atau pengobatan, dan dapat menimbulkan epidemi yang parah.

Kerusakan yang ditimbulkan penyakit X

WHO telah memperingatkan bahwa Penyakit X dapat mengakibatkan kematian 20 kali lebih banyak dibandingkan COVID-19.

COVID-19 telah membunuh sekitar tujuh juta orang di seluruh dunia. Pada tahun 2023, para profesional kesehatan memperingatkan bahwa pandemi baru apa pun bisa menjadi lebih mematikan atau menewaskan sekitar 50 juta orang di seluruh dunia.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #ingatkan #wabah #penyakit #persiapan #penanganan #baru #setelah #covid

KOMENTAR