Sebelum Konsumsi Bunga Saffron, Ketahui Efek Samping Penggunaannya Berikut Ini
Saffron original memiliki aroma yang kuat dan menyengat. (Freepik)
20:26
19 September 2024

Sebelum Konsumsi Bunga Saffron, Ketahui Efek Samping Penggunaannya Berikut Ini

- Bunga saffron mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, seperti banyak rempah-rempah, segala yang mempunyai manfaat juga memiliki efek samping tersendiri.

Secara manfaat, bunga saffron yang terkenal mahal ini dapat mengatasi masalah mata hingga kesehatan mental seseorang. Namun, penggunaannya tak disarankan terlalu banyak.   Bila dikonsumsi dalam jumlah normal, seperti saat menggunakan kunyit sebagai bumbu masakan, saffron umumnya dianggap aman.  

  Bila dikonsumsi dalam dosis tinggi, saffron dapat menimbulkan efek samping ringan seperti pusing, kelelahan, mulut kering, kecemasan, mual , dan sakit kepala pada sebagian orang.   Dilansir dari laman Health, penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi suplemen ekstrak saffron hingga 100 mg setiap hari hingga 26 minggu aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti.    Namun, orang yang mengonsumsi suplemen saffron selama lebih dari 26 minggu atau mengonsumsi lebih dari lima gram saffron per hari dapat menimbulkan efek samping yang serius.    Mulai dari diare berdarah hingga muntah. Terlebih jika orang mengonsumsi lebih dari 12 gram saffron per hari dapat berakibat fatal.   Khusus untuk orang yang sedang hamil atau menyusui, sebaiknya menghindari mengonsumsi saffron dalam dosis tinggi.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #sebelum #konsumsi #bunga #saffron #ketahui #efek #samping #penggunaannya #berikut

KOMENTAR