Jangan Abaikan Kulit Kering, Gatal, dan Ruam, Bisa Jadi ini Tanda Awal dari Penyakit Ginjal
Ilustrasi ginjal. ( freepik/freepik)
07:03
14 September 2024

Jangan Abaikan Kulit Kering, Gatal, dan Ruam, Bisa Jadi ini Tanda Awal dari Penyakit Ginjal

 

 – Gejala sakit ginjal perlu kita waspadai, mengingat fungsi ginjal untuk menyaring kotoran, mengontrol kadar air dalam tubuh, dan mengendalikan tekanan darah. Ketika fungsi ginjal mengalami gangguan, racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan memicu masalah komplikasi yang serius.

Jenis sakit ginjal yang umumnya terjadi, seperti batu ginjal, infeksi ginjal, dan radang ginjal. Jika tidak segera dilakukan pengobatan sejak dini akan memicu terjadinya gagal ginjal atau bahkan kematian. Oleh karena itu penting bagi kita mengenali tanda awal sakit ginjal, salah satunya dari kulit.

Mengutip American Academy of Dermatology Association (AAD), kulit akan mengalami perubahan karena kotoran dalam metabolisme tidak bisa diolah oleh ginjal. Lalu perubahan apa saja yang terjadi pada kulit? Berikut tanda-tanda perubahan kulit akibat sakit ginjal.

  1. Kulit sangat kering

Kerap kali kita sering menyepelekan masalah kulit kering, namun kulit kering ternyata bisa menjadi pertanda awal dari rusaknya ginjal. Nantinya kulit kering akan berubah menjadi kasar dan juga bersisik. Selain itu kulit akan terasa kencang dan mudah retak.

Kulit yang sangat kering umum terjadi pada orang yang memiliki penyakit ginjal stadium akhir, yang memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal.

  1. Kulit gatal

Semua orang pasti pernah mengalami rasa gatal, namun rasa gatal yang umumnya terjadi disebabkan oleh gigitan serangga, getah, ataupun terkena cairan kimia. Namun pada kasus masalah ginjal, rasa gatal disebabkan oleh gangguan dalam kadar mineral dan tulang.

Munculnya gejala kulit kering dan gatal menandakan bahwa ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah. Rasa gatal akan terjadi di satu area kulit atau bisa juga menyebar ke sebagian besar tubuh. Kulit yang sangat gatal adalah gejala umum penyakit ginjal stadium lanjut.

  1. Pembengkakan

salah satu fungsi ginjal ialah untuk mengeluarkan cairan dan garam yang berlebih dari tubuh. Jika fungsi ginjal yang satu ini terganggu maka cairan dan garam akan menumpuk di dalam tubuh.

Penumpukan inilah yang akan menyebabkan terjadinya pembengkakan. Pembengkakan itu sendiri umumnya terjadi pada bagian kaki, pergelangan kaki, tangan, dan wajah.

  1. Perubahan warna kulit

Saat ginjal tidak bekerja sebagaimana mestinya, racun akan menumpuk di dalam tubuh. Hal tersebutlah yang menyebabkan perubahan warna pada kulit. Beberapa warna kulit akan berubah menjadi lebih pucat, keabu-abuan, kekuningan, beberapa area kulit akan terlihat gelap.

  1. Ruam

Ketika limbah menumpuk di dalam tubuh akibat dari ginjal yang tidak berfungsi, maka akan muncul ruam pada kulit. Salah satu ruam yang muncul pada orang yang menderita penyakit ginjal stadium akhir menyebabkan benjolan kecil berbentuk kubah dan sangat gatal. Saat benjolan ini hilang, benjolan baru dapat terbentuk. Terkadang, benjolan kecil tersebut bergabung membentuk bercak kasar dan menonjol.

  1. Lepuh

Kulit lepuh atau blisters adalah kondisi ketika terdapat benjolan yang berisi cairan pada permukaan kulit. Lepuh kulit bisa menjadi salah satu gejala penyakit ginjal stadium akhir. Lepuh ini bisa muncul di tangan, wajah, atau kaki. Lepuh yang muncul bisa terbuka, mengering, dan berkerak, sehingga meninggalkan bekas luka.

  1. Benjolan diperut

Perlu diwaspadai jika terdapat benjolan pada perut, mungkin bisa jadi tanda kanker ginjal. Pada tahap awal kanker ginjal tidak menimbulkan gejala. Namun seiring waktu, kanker akan berkembang dan nantinya bisa muncul massa atau benjolan di sekitar perut, seperti di samping, punggung bawah ataupun diperut.

  1. Endapan kalsium di bawah kulit

Sebagaimana fungsi ginjal yang normal, ginjal memiliki peran untuk menyeimbangkan mineral tertentu dalam darah, seperti natrium dan fosfat. Ketika ginjal tidak dapat menjaga keseimbangan kadar-kadar mineral dapat meningkat. Hal tersebut akan membuat endapan kalsium pada kulit. Jika hal tersebut terjadi maka kulit akan mengalami benjolan.

Endapan kalsium biasanya terbentuk di sekitar sendi dan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, ketika terjadi di ujung jari, endapan tersebut dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat. Jika endapan ini mendorong ke atas melalui kulit, akan terlihat cairan seperti kapur keluar.

  1. Perubahan pada kuku

Selain kulit, kuku juga bisa menjadi tanda masalah ginjal. Penyakit ginjal dapat memengaruhi tampilan kuku jari tangan, kuku kaki, atau keduanya. Pada penderita ginjal stadium lanjut, kuku akan mengalami perubahan warna menjadi warna putih pada sebagian ruas kuku, normalnya kuku berwarna coklat kemerahan pada bagian bawah kuku.

Tanda selanjut kuku akan terlihat pucat, dan terdapat garis-garis putih yang membentang di kuku (kuku muehrcke).

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #abaikan #kulit #kering #gatal #ruam #bisa #jadi #tanda #awal #dari #penyakit #ginjal

KOMENTAR