Kacang Tanah Rebus Merupakan Olahan Makanan yang Sehat, Lantas Bagaimana Bila Dimakan Setiap Hari?
Kacang Tanah. /Sumber foto: freepik.com
22:01
12 September 2024

Kacang Tanah Rebus Merupakan Olahan Makanan yang Sehat, Lantas Bagaimana Bila Dimakan Setiap Hari?

Kacang tanah dapat diolah dengan berbagai cara untuk dikonsumsi. Di Indonesia sendiri, olahan kacang tanah yang paling populer adalah salah satunya adalah kacang rebus.

Kacang rebus biasanya dimasak secara tradisional. Di Pulau Jawa sendiri, kacang rebus banyak menjadi cemilan di acara tertentu, misalnya selametan dan yasinan.

Kacang tanah rebus disiapkan dengan mencuci kacang tanah hijau/mentah dan kemudian merebusnya di dalam cangkangnya dalam air dengan berbagai rempah-rempah pada suhu 100 derajat C selama 8 - 12 jam.

Seorang peneliti bernama Yvonne Chukwumah pernah mempublikasikan karya ilmiah dari penelitiannya yang dilakukan di Alabama A&M University. Dia menemukan bahwa kacang tanah rebus mengandung sepuluh kali lipat lebih banyak flavonoid daripada kacang tanah panggang atau mentah.

Melansir dari Luray Peanut, kacang tanah rebus juga memiliki total polifenol 36% lebih banyak daripada kacang tanah panggang atau mentah. Akhirnya, mereka menemukan bahwa kacang rebus memiliki 1,5 mg resveratrol per 100 gram kacang, sedangkan kacang panggang memiliki 0,017 resveratrol per 100 gram.

Ditambah dengan fakta bahwa kacang tanah rebus mengandung 40% lebih sedikit kalori per sajian dibandingkan kacang tanah panggang, maka dapat disimpulkan bahwa kacang tanah rebus adalah cara yang paling sehat untuk mengkonsumsi kacang tanah.

Jika dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya (terutama kacang kedelai), kacang tanah memiliki kandungan asam fitat yang sangat rendah dan tidak ada batasan penyerapan mineral dan nutrisi yang diperlukan dalam makanan manusia.

Lantas, bagaimana dengan makan kacang tanah rebus setiap hari?

Seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsi kacang tanah rebus berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping yang perlu diperhatikan, berikut adalah potensi efek sampingnya.

Mengutip Health Shots, beberapa orang di seluruh dunia memiliki alergi kacang. Reaksi terhadap kacang tanah bisa berbeda-beda, mulai dari gatal-gatal, ruam, sampai sesak nafas.

Selain itu, asam fitat dalam kacang tanah dapat mengurangi penyerapan mineral dalam tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Gas, kembung, atau diare mungkin terjadi pada beberapa individu setelah mengonsumsi kacang tanah dalam jumlah besar, untuk mengurangi risiko efek samping, penting untuk mengonsumsi kacang tanah secara moderat.

Terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan dalam satu waktu dapat meningkatkan asam urat, karena dalam kacang-kacangan mengandung senyawa purin yang memicu munculnya asam urat.

Apabila Anda mengolah kacang rebus dengan menambahkan garam, terlalu banyak mengonsumsinya juga berpotensi menyebabkan kenaikan tekanan darah.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kacang #tanah #rebus #merupakan #olahan #makanan #yang #sehat #lantas #bagaimana #bila #dimakan #setiap #hari

KOMENTAR