Cara Meredakan Tenggorokan Gatal dengan Obat Herbal, Mudah Didapat dan Manjur
Ilustrasi madu. Madu memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Salah satunya untuk meredakan tenggorokan yang gatal. (Pexels)
17:09
12 September 2024

Cara Meredakan Tenggorokan Gatal dengan Obat Herbal, Mudah Didapat dan Manjur

- Memasuki pergantian musim, beberapa orang tampaknya sudah mengalami kondisi tenggorokan yang tidak nyaman. Mulai dari tenggorokan serak, gatal, bahkan sakit saat menelan.

Tenggorokan yang gatal tentu membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Meskipun bukan karena kondisi yang serius, siapa saja yang mengalami kondisi ini pasti merasa tidak nyaman dan terasa menyakitkan.

Tenggorokan yang gatal bisa disebabkan oleh beberapa kondisi. Umumnya mengalami sakit tenggorokan akibat virus. Rasa gatal ini menimbulkan peradangan pada bagian tenggorokan.

Selain itu, tenggorokan yang gatal bisa disebabkan oleh alergi debu, makanan atau zat pemicu alergi lainnya. Musim pancaroba yang mengawali musim hujan ini juga membuat tenggorokan terasa lebih mudah dehidrasi karena kekurangan cairan.

Dilansir dari Halodoc.com, mengobati gatal pada tenggorokan tidak harus menggunakan obat dokter. Ada beberapa cara meredakan tenggorokan gatal dengan obat herbal yang alami dan mudah didapatkan.

1. Teh atau Sup Hangat

Asupan cairan dari teh hangat yang cukup akan membuat selaput lendir tetap bersih dan terjaga. Ini dapat mencegah penumpukan benda asing yang dapat membuat tenggorokan terasa tidak nyaman dan gatal.

Rekomendasi teh untuk meredakan tenggorokan gatal adalah teh chamomile. Te ini secara alami dapat memberikan respon yang menenangkan. Jenis teh ini sudah sering digunakan untuk menenangkan tenggorokan.

Selain teh, sup hangat juga bisa menenangkan tenggorokan gatal saat menelan makanan. Kuah sup yang hangat akan membuat tenggorokan menjadi lebih baik.

2. Minyak Peppermint

Peppermint dikenal sebagai bahan alami yang biasa ada di produk untuk menyegarkan napas. Untuk itu, peppermint dapat menjadi obat herbal untuk meredakan tenggorokan yang gatal.

Semprotan minyak peppermint yang mengandung mentol dapat mengencerkan lendir dan meredakan tenggorokan gatal akibat batuk. Selain itu, minyak peppermint juga dapat menjadi obat untuk menyembuhkan tenggorokan gatal karena sifatnya yang antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus.

3. Madu

Madu memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Salah satunya untuk meredakan tenggorokan yang gatal. Konsumsi dua sendok teh madu setiap hari dapat meredakan iritasi pada tenggorokan dan batuk.

Nggak cuma minum langsung, madu juga dapat ditambahkan ke dalam teh hangat. Sebuah studi menemukan, madu merupakan obat yang efektif untuk meredakan batuk dibandingkan dengan perawatan batuk biasa.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi madu dapat menyembuhkan luka secara efektif. Artinya minum madu saat tenggorokan gatal dapat membantu mempercepat penyembuhan.

4. Humidifier

Gatal pada tenggorokan bisa disebabkan oleh alergi debu atau kondisi Udara yang kering. Untuk mengatasi tenggorokan yang gatal ini, gunakan humidifier di rumah atau kantor.

Penggunaan humidifier ini dapat membantu tubuh untuk menjaga lendir agar tidak mengering dan iritasi pada bagian tenggorokan yang kering. Pilihlah wangi humidifier dari bahan peppermint untuk meredakan tenggorokan yang sakit.

5. Minuman Hangat

Sebuah jurnal yang berjudul Anti-Oxidative and Anti-Inflammatory Effects of Ginger in Health and Physical Activity: Review of Current Evidence, jahe dapat menjadi obat karena memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meredakan sakit tenggorokan.

Rebus jahe lalu tambahkan madu untuk membantu penyembuhan secara efektif dan cepat. Rebusan jahe hangat ini dapat menjaga lendir tetap bersih.

6. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam dapat menjadi alternatif lain untuk meredakan tenggorokan yang gatal. Air garam dikenal dapat melegakan tenggorokan yang sakit dan gatal karena infeksi bakteri atau virus.

Cara berkumur dengan air garam dengan menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat. Kumurlah dengan air tersebut untuk mengurangi pembengkakan dan menjaga kondisi tenggorokan tetap bersih. Cara ini bisa dilakukan setiap tiga jam atau lebih.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #cara #meredakan #tenggorokan #gatal #dengan #obat #herbal #mudah #didapat #manjur

KOMENTAR