Lepas Saham ke Publik, PT Citra Nusantara Gemilang Tbk Gaat Dana Rp 179,6 Miliar
Ilustrasi - Karyawan melintas di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA
16:12
8 Januari 2024

Lepas Saham ke Publik, PT Citra Nusantara Gemilang Tbk Gaat Dana Rp 179,6 Miliar

PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (CGAS) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai emiten kedua di 2024. CGAS melepas saham ke publik sebanyak 531.429.000 lembar dengan harga perdana Rp 338 per saham sehingga total dana yang dihimpun sebesra Rp 179,6 miliar.

Pada aksi korporasi ini, manajemen CGAS menunjuk PT Pilarmas Investindo Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi Efek. Direktur Pilarmas Investindo, William Siddharta mengungkapkan, tingginya antusias masyarakat untuk memiliki saham CGAS sudah tercermin di pasar primer yang mengalami kelebihan permintaan hingga 93,23 kali dari porsi penjatahan terpusat.

“Rangkuman hasil penawaran umum melalui website e-IPO menunjukkan adanya oversubscribed terhadap porsi penjatahan terpusat sebesar 93,23 kali, dimana dana investor yang masuk untuk memperebutkan porsi pooling saham CGAS mencapai Rp2,51 triliun,” papar William di Jakarta, Senin (8/1).

Bersamaan pelaksanaan IPO, Perseroan juga menerbitkan 265.714.500 Waran Seri I yang menyertai saham baru CGAS, dengan rasio 2:1. Sehingga, setiap pemegang dua saham baru berhak memperoleh satu waran, sementara itu setiap satu waran memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham CGAS.

Dengan harga pelaksanaan Rp306 per waran, maka Perseroan bisa meraih dana dari hasil pelaksanaan Waran Seri I maksimal Rp81,3 miliar.

Lebih lanjut William menegaskan, tingginya minat dan permintaan masyarakat terhadap saham CGAS selama masa penawaran di pasar perdana telah mencerminkan kepercayaan investor terhadap bisnis Perseroan di bidang perdagangan dan distribusi gas yang ramah lingkungan.

Perseroan memproyeksikan penjualan tembus sebesar Rp 1 triliun selama 5 tahun kedepan atau meningkat hampir 4 kali lipat dibandingkan tahun 2023.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama CGAS, Andika Purwonugroho mengatakan akan menggunakan dana hasil IPO untuk ekspansi usaha ke beberapa daerah dengan membangun mother station baru yang lebih mendekati target pasar, yakni di Grobogan Purwodadi, Jawa Tengah dengan kapasitas plant 1,5 MMSCFD dan mother station di Majalengka berkapasitas plant 1 MMSCFD, serta mother station di Manyar, Gresik, Jawa Timur berkapasitas plant 2 MMSCFD.

“Harapannya dengan pendistribusian lokasi usaha, maka Perseroan dapat menjangkau dan melayani lebih banyak konsumen dari berbagai segmen,” tegasnya.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #lepas #saham #publik #citra #nusantara #gemilang #gaat #dana #1796 #miliar

KOMENTAR