Gaji PNS, Guru, Dosen & Nakes Naik Bertahap di Era Prabowo-Gibran
Cara daftar cpns 2024 lulusan sma di sscasn (freepik)
09:12
17 Agustus 2024

Gaji PNS, Guru, Dosen & Nakes Naik Bertahap di Era Prabowo-Gibran

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memastikan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memberikan kenaikan kesejahteraan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Namun, Suharso menyebut, penyejahteraan itu berupa kenaikan gaji PNS yang dilakukan secara bertahap.

"Kenaikan gaji aparatur sipil negara terutama guru, dosen, tenaga kesehatan dan penyuluh, serta TNI, Polri secara bertahap," ujarnya saat konferensi pers di Kantor DJP, Jakarta, yang dikutip Sabtu (17/8/2024).

Sementara, Suharso memaparkan, Rancangan APBN (RAPBN) 2025 akan lebih fokus dalam program-program andalan Prabowo-Gibran. Mulai dari makanan bergizi gratis hingga kenaikan gaji PNS.

Baca Juga: Prabowo Mulai Tancap Gas Jalankan Pemerintahan, Fokus ke Ekonomi Hijau

Untuk program makanan bergizi gratis, pemerintah telah menganggarkan dana sebesar Rp 71 triliun untuk 15,42 juta anak sekolah di 514 kabupaten/kota.

"Misalnya yang memberikan makanan bergizi sehat di sekolah untuk meliputi 15,42 juta jiwa di 514 Kabupaten/Kota," kata dia.

Untuk membangun ketahanan pangan, Suharso mengatakan adanya program untuk produktivitas lahan pertanian seluas 50-80 hektare.

"Keempat adalah membangun empat sekolah SMA unggulan IKN, NTT, Sulut dan Maluku Utara. Memperbaiki sekolah-sekolah yang perlu renovasi sebanyak kurang lebih 90.000 ruang kelas," jelas dia,

"Kelima melanjutkan dan menambahkan program kartu Kesejahteraan Sosial serta kartu usaha untuk menghilangkan kemiskinan absolut yang tahun ini telah mencapai 0,8 persen yang tahun depan adalah targetnya 0 persen," pungkas dia.

Baca Juga: Prabowo Bakal Umumkan Sendiri Nasib Kenaikan Gaji PNS

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #gaji #guru #dosen #nakes #naik #bertahap #prabowo #gibran

KOMENTAR