Viral Polman Punya Aset Mercy Mewah Rp2,5 M, Tapi Jadi Salah Satu Daerah Termiskin
Mercedes Benz type GLS-Class 450 4Matic seharga Rp 2,5 Miliar digunakan Setda Polman [Ist]
15:30
4 Agustus 2024

Viral Polman Punya Aset Mercy Mewah Rp2,5 M, Tapi Jadi Salah Satu Daerah Termiskin

Baru-baru ini, mobil Mercedes Benz tipe GLS-Class 450 menjadi kendaraan dinas Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Polewali Mandar (Polman), I Nengah Tri Sumadana. Penggunaan mobil dinas tersebut disebabkan oleh kurangnya kendaraan dinas di lingkungan Pemkab Polman.

Mobil ini dibeli pada masa kepemimpinan Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar dengan dana APBD 2021, yang sempat menuai kontroversi dari masyarakat, mahasiswa, hingga elite politik di Polman karena menghabiskan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar.

Mobil Mercedes Benz GLS-Class 450 dikenal sebagai SUV mewah dengan berbagai spesifikasi unggulan. Kendaraan ini dilengkapi mesin V6 3.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 362 tenaga kuda dan torsi 500 Nm.

Dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis 9 percepatan, mobil ini juga memiliki kemampuan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu sekitar 5,9 detik. Fitur-fitur canggih seperti sistem infotainment MBUX, interior mewah dengan material berkualitas tinggi, serta berbagai sistem keamanan dan bantuan pengemudi menjadi keunggulan dari Mercedes Benz GLS-Class 450.

Baca Juga: Ibu Inara Rusli Miris Virgoun Terjerat Narkoba, Khawatir Cucu Bakal Tahu Jejak Digital Sang Ayah

Pada awalnya, berdasarkan kebijakan Pj Bupati Polman, kendaraan dinas Mercy ini diserahkan kepada I Nengah Tri Sumadana, sementara Bupati lebih memilih menggunakan mobil Fortuner atau Innova untuk mobilitasnya.

Kabag Humas Pemkab Polman, Sulaiman Makka, menyatakan bahwa penggunaan mobil dinas Mercy oleh Plt Sekda Polman bersifat sementara.

Mobil tersebut telah diserahterimakan oleh Pj Bupati Polman, Ilham Borahima, dan sebenarnya kendaraan tersebut seharusnya digunakan oleh Pj Bupati, namun sementara dipinjamkan kepada Plt Sekda karena kekurangan kendaraan dinas di Pemkab Polman.

Hal ini cukup ironis karena Polewali Mandar merupakan salah satu daerah dengan kemiskinan tertinggi di Sulawesi Barat dalam rentang 2019-2021.

Pada 2022 lalu, kemiskinan di Kabupaten Polman mencapai 69 ribu jiwa. Kemiskinan di Polman tahun 2021 naik menjadi 69.32 dibandingkan setahun sebelumnya. Sementara, dikutip dari data BPS, presentase penduduk miskin di Polewali Mandar pada 2023 lebih besar dibandingkan tahun 2021, yakni dari 15,68% jadi 16,08%.

Baca Juga: Rumede: Hidden Gem di Polewali Mandar, Surga Tersembunyi untuk Camping dan Berenang

Mercedez Benz Nunggak Pajak

Dari hasil penelusuran, mobil Mercedes Benz GLS-Class 450 tersebut diketahui menunggak pajak sebesar Rp 10 juta. Pajak kendaraan itu telah jatuh tempo sejak Juni 2024, dengan tunggakan sudah dua bulan sejak Juni 2024. Kepala UPTD Samsat Polewali, Andika, mengonfirmasi nilai tunggakan tersebut.

Kepala Bagian Aset Badan Keuangan Pemkab Polman, Nurfadilah Sayadi, mengakui bahwa belum mengetahui detail mengenai tunggakan pajak mobil dinas tersebut dan akan segera berkoordinasi dengan bagian umum untuk menyelesaikan tunggakan yang ada.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #viral #polman #punya #aset #mercy #mewah #rp25 #tapi #jadi #salah #satu #daerah #termiskin

KOMENTAR