Alasan Pemerintah Naikkan Harga MinyaKita Jadi Rp 15.700/Liter
Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) mengenalkan minyak goreng dalam kemasan MinyaKita. [Suara.com/Achmad Fauzi]
15:50
21 Juli 2024

Alasan Pemerintah Naikkan Harga MinyaKita Jadi Rp 15.700/Liter

Kementerian Perdagangan (Kemendag) Resmi menaikkan harga minyak goreng curah dalam kemasan MinyaKita dari Rp 14.000 per liter menjadi Rp 15.700. Harga ini sudah berlaku mulai Jumat pekan lalu.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengatakan, pertimbangan naiknya MinyaKita salah satunya karena kurs dolar AS yang ikut melonjak.

"Kan ada hitungan dari BPKP, ada yg usul Rp 15.500 trus karena dolar AS naik jadi jalan tengahnya ketemunya Rp 15.700," ujarnya yang dikutip Minggu (21/7/2024).

Menurut Mendag Zulhas, sebenarnya kebijakan ini telag berlaku, hanya saja menunggu peraturan menteri perdagangan (Permendag) secara resmi. Hanya saja, memang belum dilakukan sosialisasi ke para pengusaha.

Baca Juga: Mendag Zulhas Buktikan Indonesia Penuh Barang Impor Ilegal, Pedagang Panik Tutup Toko

"Tapi ini memang sudah berlaku, sudah ada relaksasi dari Dirjen Perdagangan dalam negeri. Itu sudah berlaku hanya memang pengusaha yang tidak tahu. Dikirimi aja pengusaha karena ada yang bertanya ke saya, semangatnya sudah berlaku mulai minggu lalu. Relaksasi itu, permendag harus dikasih," ucap dia.

Namun, Mendag Zulhas tidak merinci kapan aturan Permendag soal kenaikan MinyaKita keluar. Menurut dia, saat ini masih dalam proses.

Sebelumnya, Harga MinyaKita di Kota Pekanbaru sudah naik sejak beberapa waktu lalu. Hal itu diungkapkan oleh pedagang nasi dan lauk-pauk kepada Suara.com, Kamis (18/7/2024).

Ilma Yentis (42) seorang ibu rumah tangga (IRT) yang sehari-hari menjual aneka lauk-pauk rumahan 'Sambal Kampung' di Jalan Pepaya mengaku terpaksa membeli minyak goreng kiloan untuk memasak barang dagangannya.

"Kalau untuk pemakaian pribadi masih tetap MinyaKita, tapi untuk masak dagangan beli yang kiloan dengan harga Rp16 ribu satu kilogram," katanya.

Baca Juga: TikTok Mau Buka Layanan Pesan Hotel-Pesawat, Mendag: Asal Transaksinya di Platform Lain

Ilma memilih minyak curah kiloan karena harganya agak murah dan lebih banyak dibandingkan MinyaKita yang satu liternya sudah Rp17.000.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #alasan #pemerintah #naikkan #harga #minyakita #jadi #15700liter

KOMENTAR