Profil Pemilik WoodLand CitraLand Cibubur, Punya Kekayaan Rp18,2 Triliun
Woodland Ciputra Cibubur [Ciputra]
06:40
10 Juli 2024

Profil Pemilik WoodLand CitraLand Cibubur, Punya Kekayaan Rp18,2 Triliun

Ciputra Group baru saja meresmikan area rekreasi dan kuliner yang diberi nama WoodLand di kawasan CitraLand Cibubur, Transyogi. General Manager CitraLand Cibubur, Nancy Oktavia, menyampaikan bahwa pembukaan WoodLand ini merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat akan destinasi rekreasi dan kuliner keluarga di daerah tersebut.

WoodLand dikembangkan di atas lahan seluas 1,93 hektar yang dibangun dalam dua tahap. Tahap pertama seluas 1,16 hektar mencakup 17 tenant, mulai dari restoran hingga berbagai varian kafe dan area nongkrong. Tahap kedua seluas 0,77 hektar akan menambah 6 tenant lagi.

Selain menawarkan berbagai pilihan kuliner, WoodLand juga menyediakan area berkumpul yang luas, lengkap dengan tempat duduk, ruang terbuka hijau, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Pada tahap pertama, pengembang juga telah menghadirkan wahana bianglala kincir ria (ferris wheel) setinggi 31,197 meter, yang akan disusul dengan wahana-wahana lainnya di masa mendatang.

WoodLand Citraland Cibubur berada di bawah naungan bisnis Ciputra Group yang dipimpin oleh Ciputra atau Tjie Tjin Hoan.

Baca Juga: Perjalanan Karier Mentereng Mona Monika, Diawali dari Guru Preschool Hingga Kini Menjadi Bos PR di Bank Besar

Profil Ciputra atau Tjie Tjin Hoan

Ciputra, yang memiliki nama asli Tjie Tjin Hoan atau lebih dikenal dengan panggilan Pak Ci, lahir di Parigi, Sulawesi Tengah pada 24 Agustus 1931.

Ciputra [Ist]Ciputra [Ist]

Sejak kecil, Ciputra merasakan kesulitan hidup ketika ayahnya, Tjie Siem Poe, ditangkap oleh pasukan tak dikenal. Ketika remaja, ia menempuh pendidikan di SMP dan SMA Frater Don Bosco di Manado, Sulawesi Utara, sebelum melanjutkan studi di Jurusan Arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ciputra memulai karier bisnisnya sekitar tahun 1957, saat masih menjadi mahasiswa semester empat. Bersama tiga temannya, ia mendirikan usaha konsultan arsitektur bangunan.

Setelah lulus dengan gelar insinyur pada tahun 1960, ia pindah ke Jakarta dan mendirikan PT Perentjaja Djaja IPD, yang kemudian mendapatkan proyek bergengsi pembangunan pusat perbelanjaan di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Profil Harashta Haifa Zahra, Berhasil Raih Gelar Miss Supranasional 2024 Pertama Kalinya Untuk Indonesia

Karier Ciputra semakin menanjak setelah bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta saat itu, Dr. R. Soemarno, yang mendukung proposalnya. Ciputra bekerja di Jaya Group sebagai direksi hingga usia 65 tahun, kemudian menjadi penasihat. Ia juga mendirikan Metropolitan Group bersama Sudono Salim, Sudwikatmono, Budi Brasali, dan Ibrahim Risjad pada tahun 1970, serta mendirikan Ciputra Group yang menjadi perusahaan keluarga.

Pada tahun 1990, Ciputra Group diakuisisi dan namanya diubah menjadi Ciputra Development (CD). Ciputra menjadi direktur utama dan jajaran direksi diisi oleh anak dan menantunya. Ciputra terus melebarkan sayap bisnisnya dan pada tahun 2006 mendirikan sekolah dan Universitas Ciputra.

Ciputra juga dikenal sebagai seorang filantropis dan tokoh pendidikan. Nama Ciputra masuk dalam daftar orang terkaya versi majalah Forbes pada tahun 2011 dan namanya juga diabadikan menjadi nama hotel dan mal bisnisnya. Pada tahun 2021, keluarga Ciputra tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 1,65 miliar atau setara dengan Rp 18,2 triliun.

Keluarga dan Pendidikan

Istri: Dian Sumeler
Anak: Rina Ciputra, Junita Ciputra, Cakra Ciputra, Candra Ciputra

Pendidikan

SMP Frater Don Bosco, Manado
SMA Frater Don Bosco, Manado
Institut Teknologi Bandung

Karier dan Pencapaian

Pendiri PT Daya Cipta
Direksi Jaya Group
Penasihat Jaya Group
Pendiri Metropolitan Group
Direktur Utama Jaya Group
Presiden Komisaris Metropolitan Group
Pendiri Ciputra Group
Pendiri Grup Pondok Indah, Grup Bumi Serpong Damai
Pendiri PT Metropolitan Development
Pendiri PT Pembangunan Jaya
Pendiri PT Daya Cipta (biro arsitek)

Penghargaan

Lifetime Achievement Award versi majalah Globe Asia 2007
Lifetime Achievement Award versi Enterprise Asia
Enterpreneur Of The Year versi Ernst and Young Indonesia, 2007
World Enterpreneur Of The Year versi Global Ernst and Young Montecarlo, 2008
The 2nd Most Admired CEO in Indonesia versi Swa Leadership Award 2008
Penghargaan khusus dari Teo Ming Kian selaku Chairman MediaCorp, Induk Perusahaan Channel NewsAsia
Lifetime Achievement Luminary Award dari Channel NewsAsia Singapura, 2013

Dengan berbagai kontribusinya di dunia properti, pendidikan, dan filantropi, Ciputra telah menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Kesuksesannya dibangun dari kerja keras dan komitmen yang kuat terhadap visi dan misi yang dijalankannya. Ciputra Group, melalui inovasi dan pengembangan berkelanjutan, terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #profil #pemilik #woodland #citraland #cibubur #punya #kekayaan #rp182 #triliun

KOMENTAR