Tak Cuma Olahraga, Kawasan GBK Disulap Jadi Pusat Hiburan Kelas Dunia
Situasi di sekitar GBK jelang konser Coldplay, Rabu (15/11/2023) [Suara.com/Tiara Rosana]
08:16
9 Juli 2024

Tak Cuma Olahraga, Kawasan GBK Disulap Jadi Pusat Hiburan Kelas Dunia

Pemerintah akan mengubah kawasan Gelora Bung Karno (GBK) yang ke depannya tak hanya untuk berolahraga saja. Tapi, Kawasan GBK juga untuk prasarana hiburan yang bisa menggelar event.

Maka dari itu, Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyebut, bahwa Kawasan GBK masuk daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) 2025.

Dimasukkannya Kawasan GBK menjadi PSN sesuai permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"PSN juga mendapat arahan (Presiden) bahwa PSN GBK ini akan diusulkan sebagai sebuah kawasan terpadu yang ditujukan untuk olah raga dan hiburan, dan nanti akan diusulkan investasi-investasi baru di PSN tersebut," ujarnya di Istana Negara yang dikutip, Selasa (9/7/2024).

Baca Juga: Sandiaga Uno Tawarkan Diri Jadi Joki Strava, Netizen Tantang Lari dengan Pace 3 di Danau Toba

Adapun, menurut Sandiaga, Kawasan GBK memiliki lahan yang luas, di mana bisa menggelar event seperti event olah raga dan gelaran konser musik. 

Upaya ini, bilang dia, juga untuk menarik artis internasional untuk menggelar konsernya di Indonesia.

Kendati begitu, dimasukkannya GBK di PSN ini masih terus dikaji kembali, mulai dari wilayah mana yang ditembak dan berapa nilai investasinya.

"Akan diusulkan untuk menjadi PSN atas nilai investasi yang besar dengan dampak nilai ekonomi dan multiplier effect," ucap dia.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, pengusulan PSN ini berbarengan dengan penganggaran dana abadi Pariwisata atau Indonesia Quality Tourism Fund (IQTF).

Baca Juga: Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia, Pantai di IKN Segera Dinilai Menparekraf

"Ini akan tuntaskan di 2025 pengusulannya, sama seperti penganggaran Indonesia Quality Tourism Fund yang regulasinya akan selesai di bulan Agustus nanti untuk dimasukkan di RAPBN 2025," pungkas Sandiaga. 

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #cuma #olahraga #kawasan #disulap #jadi #pusat #hiburan #kelas #dunia

KOMENTAR