Dermaga Ujong Serangga Susoh Aceh Roboh: Perlu Pelabuhan Serbaguna
Truk pengangkut kebutuhan nelayan melintasi Dermaga sandar kompleks Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga di Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (24/6/2024) [Antara/Suprian].
10:38
26 Juni 2024

Dermaga Ujong Serangga Susoh Aceh Roboh: Perlu Pelabuhan Serbaguna

Beberapa saat lalu, dermaga atau pangkalan pendaratan ikan (PPI) Ujong Serangga Susoh, Aceh Barat Daya roboh.

Dikutip dari kantor berita Antara, Masady Manggeng, seorang pengamat kelautan dan perikanan menyampaikan saran.

Yaitu agar Pemerintah Aceh Barat Daya membangun pelabuhan multipurpose (serbaguna) dan terpusat di wilayah perairan Susoh kabupaten setempat.

"Sudah saatnya mengubah Susoh menjadi kawasan pelabuhan multipurpose," paparnya pada Selasa (25/6/2024).

Baca Juga: Punya 11 Anak Terjamin Secara Ekonomi, Elon Musk Pegang Ideologi Ini

Ditambahkannya bahwa pihak yang memiliki kewenangan terhadap pangkalan pendaratan ikan (PPI) Ujong Serangga Susoh untuk menyudahi perilaku pembangunan yang tidak efektif dengan membuat langkah antisipasi jangka pendek.

Saat ini, Pemerintah Aceh Barat Daya berencana membangun pelabuhan di Teluk Surin. Namun upaya ini hendaknya ditengok kembali, dan kembali pada pengembangan kawasan Susoh.

"Rencana pelabuhan di Teluk Surin dapat ditinjau ulang dan mengubah Susoh sebagai kawasan pelabuhan serbaguna," tandas Masady Manggeng.

Perlunya pembangunan pelabuhan ini sendiri, sebenarnya bisa diangkat dalam visi-misi calon kepala daerah yang bakal bertarung untuk Pilkada 2024.

"Program pengembangan pelabuhan menjadi solusi pembangunan perekonomian sektor kemaritiman di Aceh Barat Daya. Diharapkan bisa menjadi isu penting dan prioritas bagi pemimpin Aceh Barat Daya ke depannya," imbaunya.

Baca Juga: ASDP Lakukan Sterilisasi di Pelabuhan Bakauheni, Ada Zona Terlarang Buat Penumpang

Terpenting, menyimak kondisi kawasan Pelabuhan Susoh memang sudah harus dibangun lebih baik. Sekaligus terintegrasi dengan sistem terpusat, sehingga aktivitas lebih luas lagi efektif.

Idealnya, pembangunan sarana transportasi laut dibuat terpusat di area Pelabuhan Susoh dengan melanjutkan pembangunan breakwater (pemecah ombak) melingkar sampai Ladang Sangkalan.

Pembangunan bisa menyelamatkan pelabuhan logistik, perikanan, hingga ancaman abrasi di semenanjung pantai Susoh.

Jika relokasi alur sungai yang memicu sedimentasi juga dilakukan, langkah ini bisa menjadi solusi penanganan banjir untuk beberapa kawasan di Susoh.

"Ke depan, diharapkan sistem pembangunan di Aceh Barat Daya harus terintegrasi sehingga lebih efektif. Beberapa pembangunan itu masuk akal untuk segera diwujudkan," pungkas Masady Manggeng.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #dermaga #ujong #serangga #susoh #aceh #roboh #perlu #pelabuhan #serbaguna

KOMENTAR