Panduan Menggunakan Paylater untuk Generasi Z Agar Tidak Salah
Ilustrasi pembayaran paylater. (Dok: Kredivo)
17:02
28 Mei 2024

Panduan Menggunakan Paylater untuk Generasi Z Agar Tidak Salah

Di era digital seperti sekarang, para generasi Z pasti sudah tidak asing mendengar kata Paylater. Kemudahan pendaftaran dan fleksibilitas pembayarannya membuat Paylater menjadi alternatif layanan kredit, ketika seseorang tidak memiliki kartu kredit.

Tidak hanya dalam aplikasi fintech saja, paylater sudah merambah di berbagai platform, termasuk e-commerce seperti Tokopedia, kini menyediakan pembayaran Tokopedia Paylater dengan berbagai pilihan fintech, salah satunya Kredivo yang memiliki opsi cicilan mulai dari 0%.

Namun, banyak sekali berita negatif tentang Paylater, seperti membuat orang menjadi boros, terjerat utang, dan berbagai masalah keuangan lainnya.

Padahal jika digunakan dengan baik, Paylater bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang baru menikmati layanan Kredit.

Baca Juga: Integrasi TiktokTokopedia Sudah Sesuai Permendag?

Utamakan Kebutuhan Mendesak, Bukan Keinginan

Tidak bisa dipungkiri, dengan adanya layanan ini bisa membuat orang kalap dan lupa diri. Oleh karena itu, agar keuangan Anda tetap lancar dan Paylater yang Anda gunakan lebih bermanfaat, gunakan Paylater dengan mengutamakan kebutuhan, apalagi yang mendesak.

Coba untuk mengurutkan prioritas belanja Anda terlebih dahulu berdasarkan kebutuhan Anda. Apabila ada kebutuhan seperti mengganti laptop, beli spare part kendaraan, dan lainnya belum Anda penuhi, jadi jangan dulu gunakan Paylater untuk membeli baju baru, casing HP baru atau sekedar memesan makanan menggunakan Paylater, ya!

Hitung Total Cicilan Sebelum Transaksi

Jangan langsung sat set sat set, terus check out, ya! Layanan Paylater yang menyediakan cicilan, umumnya akan memberikan simulasi cicilan atau tagihan yang harus Anda bayar sebelum menyelesaikan transaksi.

Baca Juga: Tren Belanja Online Lebaran 2024: Penjualan Busana Muslim Naik 12,5 Kali Lipat

Jangan mentang-mentang bayarnya nanti, lalu nggak memperhatikan detail bagian ini.

Dengan layanan simulasi ini, Anda akan tahu berapa jumlah cicilan yang akan Anda bayarkan setiap bulannya. Apabila barang A dengan harga Rp5 juta cicilannya tidak sesuai dengan kemampuan bayar, maka Anda harus cari alternatif barang lain yang harganya sesuai dengan kemampuan bayar.

Gunakan Paylater dengan Bunga 0%

Tidak hanya kartu kredit saja yang memiliki layanan bunga 0%, Anda bisa memanfaatkan Kredivo sebagai pembayaran Tokopedia Paylater, yang sangat bermanfaat dan membantu Anda untuk lebih berhemat jika Anda ingin membeli kebutuhan dengan cara dicicil.

Layanan cicilan 0% dari Kredivo untuk pembayaran Tokopedia Paylater ini berlaku untuk tenor 1 bulan dan 3 bulan. Namun, jika Anda ingin menggunakan tenor yang lebih lama lagi, Anda bisa menikmati tenor 6/12/18/24 bulan dengan bunga yang ringan, mulai dari 1,99% per bulan.

Tidak Meminjamkan Limit ke Orang Lain

Nah, ini sangat penting untuk diingat. Jangan pernah “mengambilkan” cicilan untuk orang lain, atau meminjamkan akun Paylater Anda ke orang lain, meskipun itu keluarga atau teman yang Anda anggap dekat sekalipun.

Sebab, jika terjadi sesuatu, seperti telat bayar dan berujung denda, atau ada oknum penipu yang meminta data, maka pihak yang perlu bertanggung jawab hanya diri Anda sendiri sebagai nama yang tercantum atau terdaftar di akun Paylater tersebut.

Disiplin dalam Membayar

Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah disiplin dalam membayar. Layanan Paylater yang legal dan terdaftar di OJK, otomatis akan mempengaruhi histori kredit Anda. Ini artinya, Anda wajib membayar tagihan tepat waktu dan disiplin, seperti penggunaan layanan kredit lainnya.

Jika Anda terus disiplin, maka skor kredit yang Anda miliki akan tetap positif, dan di masa depan, Anda berpeluang mendapat rekomendasi baik ketika mengajukan pinjaman lainnya, bahkan dengan limit yang lebih besar lagi.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #panduan #menggunakan #paylater #untuk #generasi #agar #tidak #salah

KOMENTAR