Elon Musk Jadi Prominent Speaker World Water Forum di Bali, Ini Harapan Menteri Kelautan dan Perikanan
Elon Musk (tengah, pakaian hijau), entrepreneur Amerika Serikat, CEO sederet perusahaan teknologi, otomotif, dan antariksa tampak berbincang dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono (pakaian biru) pada acara uji coba layanan internet berbasis satelit LEO, di Puskemas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, Minggu (19/5/2024) [ANTARA/Putu Indah Savitri]
11:17
20 Mei 2024

Elon Musk Jadi Prominent Speaker World Water Forum di Bali, Ini Harapan Menteri Kelautan dan Perikanan

Entrepreneur dan Chief Executive Officer sejumlah lini bisnis–mulai teknologi, antariksa, sampai otomotif–asal Amerika Serikat, Elon Musk, hadir dalam acara pembukaan World Water Forum 2024, di the Nusa Dua, Bali (20/5/2024).

Dikutip dari kantor berita Antara, ayah lima anak itu duduk bersisian dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam jadwal kegiatan World Water Forum hari ini, Elon Musk memberikan speech atau pidato selaku prominent speaker.

Sebelumnya, pada Minggu (19/5/2024) Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono bertemu Elon Musk dalam acara uji coba layanan internet berbasis satelit LEO (Low Earth Orbit).

Yaitu di Puskemas Pembantu Sumerta Kelod, Denpasar, Bali.

"Harapan saya, Starlink bisa juga dimanfaatkan nelayan Indonesia dengan harga terjangkau," demikian ditulis Menteri Kelautan dan Perikanan di akun Instagram atas namanya, @swtrenggono.

Sebagai catatan, harga layanan Starlink untuk sektor maritim cenderung tinggi. Untuk perairan mulai Rp 4.345.000 per bulan dengan biaya perangkat keras sebesar Rp 43.721.590.

"Kalau bisa dipangkas dengan harga layanan 50 persen dan free perangkat, akan menolong nelaya. Ini sepertinya yang diperjuangkan Pak Menteri dengan lobi-lobinya saat bertemu Elon Musk," jelas Doni Ismanto, Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik.

Kembali ke acara pembukaan World Water Forum, dalam jajaran menteri RI tampak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, sampai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Juga Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, serta Menteri Agraria dan dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sejumlah delegasi yang tampak dalam seremonial pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum ke-10 antara lain adalah Wakil Perdana Menteri (PM) Papua Nugini John Rosso, Utusan Khusus Belanda Meike van Ginneken, Presiden Majelis Umum PBB Dennis Francis, Utusan Khusus Prancis Barbara Pompili, dan Utusan Khusus Persatuan Emirat Arab Suhail Mohamed Al Mazroui.

Juga Wakil PM Malaysia Dato Sri Haji Fadillah bin Haji Yusof, Utusan Khusus yang juga Presiden Hongaria 2012-2022 János Áder, PM Tajikistan Qohir Rasulzoda, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, Presiden Fiji Ratu Wiliame Maivalili Katonivere, dan masih banyak lagi.

Rampung seremoni peresmian World Water Forum ke-10, berlangsung interface meetings bersama penanggung jawab proses politik, tematik, dan regional, dan pertemuan bilateral.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #elon #musk #jadi #prominent #speaker #world #water #forum #bali #harapan #menteri #kelautan #perikanan

KOMENTAR