Kinerja Membanggakan, BRI Raih Lebih dari 200 Penghargaan Dalam dan Luar Negeri
Direktur Utama BRI, Sunarso. (Dok: BRI)
17:32
7 Januari 2024

Kinerja Membanggakan, BRI Raih Lebih dari 200 Penghargaan Dalam dan Luar Negeri

Prestasi yang terus meningkat dan konsisten dalam kinerja telah membuat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mendapatkan pengakuan dan apresiasi dari berbagai pihak. Baik itu berupa penghargaan, pengakuan, maupun peringkat dari lembaga-lembaga ternama, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pada tahun 2023, yang merupakan tahun ke-128 sejak pendiriannya, BRI berhasil meraih lebih dari 200 penghargaan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 53 penghargaan berskala internasional. Beberapa di antaranya adalah:

  • Forbes Global 2000 menempatkan BRI sebagai Perusahaan Terbesar di Indonesia, meraih peringkat #1 di Indonesia dan #307 secara global, naik dari peringkat #349 pada tahun sebelumnya.
  • Euromoney mengakui BRI sebagai Market Leader di Indonesia dan The Best Service in Asia Pacific.
  • Asia Money memberikan gelar Best Domestic Bank in Indonesia, Best Domestic Private Bank in Indonesia, dan
  • Market Leader Trade Finance (Asian Banks) in Indonesia kepada BRI.
  • Finance Asia memberikan 9 penghargaan kepada BRI, termasuk Best Financial Company (Gold), Best Corporate
  • ESG Strategy (Gold), Best Overall Company (Gold), dan Best CEO yang diberikan kepada Direktur Utama BRI.
  • The Asset Triple A menempatkan BRI sebagai Best Issuer for Sustainable Finance, Best Sustainability-Linked Loan, dan Best Private Bank for High Net Worth Individual in Indonesia.
  • Global Finance mengakui BRI sebagai Best Bank in Indonesia.
  • Brand Finance memberikan predikat "The Most Valuable Brand in Indonesia" (peringkat 1 di Indonesia) kepada BRI.

Berkaitan dengan ini, Direktur Utama BRI, Sunarso menegaskan, BRI Group telah meraih penghargaan dan apresiasi yang signifikan dari berbagai pihak. Ini mencerminkan keberanian BRI untuk dinilai dan dievaluasi oleh lembaga-lembaga eksternal yang bersifat independen, jujur, dan terpercaya.

Sunarso menekankan bahwa penghargaan-penghargaan tersebut dipersembahkan untuk Insan BRILiaN yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi BRI dan Indonesia. Selain itu, penghargaan juga ditujukan untuk seluruh nasabah UMKM BRI yang merupakan pilar utama dalam perekonomian Indonesia.

“Pengakuan ini semakin memotivasi kita untuk terus berusaha menjadi yang terbaik bagi BRI dan negara ini,” ujarnya.

Keberhasilan BRI Group meraih berbagai penghargaan tersebut dapat tidak lepas dari kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kinerja yang positif secara konsisten.

Hingga Kuartal III 2023, aset BRI meningkat sebesar 9,93 persen year on year (yoy) menjadi Rp1.851,97 triliun. Pertumbuhan aset ini juga diimbangi dengan laba bersih sebesar Rp44,21 triliun selama sembilan bulan, mengalami pertumbuhan sebesar 12,47 persen yoy.

Menurut Sunarso, ada beberapa faktor utama yang mendukung kinerja positif BRI meliputi pertumbuhan kredit yang mencapai double digit, pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan dana murah yang juga tumbuh double digit, kualitas kredit yang tetap terjaga, serta peningkatan proporsi pendapatan berbasis fee yang semakin besar terhadap total pendapatan BRI.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #kinerja #membanggakan #raih #lebih #dari #penghargaan #dalam #luar #negeri

KOMENTAR