Mengenal Komoditas Andalan Uzbekistan, Ternyata Tak Hanya Jago di Sepak Bola
Para pemain Timnas Uzbekistan U-23. [doc. AFC]
18:34
29 April 2024

Mengenal Komoditas Andalan Uzbekistan, Ternyata Tak Hanya Jago di Sepak Bola

Negara Uzbekistan, menjadi negara berikutnya yang harus dihadapi skuad timnas Indonesia U23 dalam gelaran Piala Asia 2024 ini. Di semi final, Indonesia harus berhadapan dengan Uzbekistan setelah negara tersebut menumbangkan Arab Saudi. Sekilas tentang negara dan komoditas andalan Uzbekistan dapat Anda cermati di sini.

Lokasinya sendiri berada di Asia Tengah, dan menjadi negara asal dari Imam Muhammad Ibn Ismail al-Bukhari, tokoh terkemuka dalam agama Islam yang dikenal sebagai periwayat hadis. Negara ini sendiri memiliki beberapa fakta unik selain timnas U23-nya yang kuat.

Profil Uzbekistan

Uzbekistan terletak di antara dua sungai besar, yakni sungai Syr Darya yang ada di bagian timur laut, dan Amu Darya yang ada di bagian barat daya. Batas wilayahnya adalah Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Afghanistan, dan Turkmenistan.

Wilayah negara ini sebagian besar terdiri dari padang rumput dan berupa dataran rendah yang gersang. Namun di sisi timur dan selatan terdapat pegunungan yang menjulang tinggi, dan seperti menjadi tembok bagi negara ini.

Negara Uzbekistan sendiri pernah berada dalam beberapa kekuasaan. Diantaranya adalah kekuatan Persia, kekuasaan Alexander Agung, and beberapa kerajaan dan kekuatan besar lain bahkan hingga Genghis Khan. Baru pada abad ke-16, bangsa Mongol-Uzbek menduduki wilayahnya. Secara resmi Republik Sosialis Soviet Uzbekistan didirikan tahun 1924, dan mendeklarasikan kemerdekaannya dari Uni Soviet di tahun 1991 lalu.

Komoditas Andalan Uzbekistan

Terdiri dari masyarakat multietnis, setidaknya terdapat enam kelompok besar yang ada di sana. Mulai dari Uzbek, Tajik, Kazaks, Tatar, Rusia, hingga Karakalpak. Etnis Uzbek menjadi yang terbesar, dengan total lebih dari 80%.

Berbicara mengenai komoditas sebenarnya Uzbekistan sendiri terkenal sebagai negara penghasil kapas terkemuka yang dikenal di seluruh dunia. Tidak hanya bermodalkan kapas yang berkualitas, namun berbagai olahannya juga mendunia, seperti kerajinan karpet.

Selain komoditas andalan berupa kapas, Uzbekistan juga banyak menghasilkan gas alam, memiliki cadangan minyak bumi yang besar, batu bara, dan berbagai logam lain yang bernilai tinggi. Industri unggulan dari negara ini adalah tekstil, pengolahan makanan, metaLURGI, dan pertambangan dan industri bahan kimia.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #mengenal #komoditas #andalan #uzbekistan #ternyata #hanya #jago #sepak #bola

KOMENTAR