347.600 Penumpang Terbang Lewat Bandara Soetta, Gunakan Autogate untuk Efisiensi
Autogate yang tersedia di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Sebagai ilustrasi [Suara.com/[Wivy Hikmatullah]
11:53
25 April 2024

347.600 Penumpang Terbang Lewat Bandara Soetta, Gunakan Autogate untuk Efisiensi

Saat Mudik Lebaran 2024 dan Balik Lebaran, terdapat lima negara yang menjadi sasaran destinasi. Yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong dan Uni Emirates Arab.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Soekarno-Hatta Bambang Tri Cahyono di Tangerang, Rabu (25/4/2024) menyatakan bahwa tren peningkatan terlihat dari data perlintasan penumpang, baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA).

"Petugas Imigrasi secara berkala mengarahkan penumpang yang baru tiba agar memanfaatkan lintasan autogate, selain konter manual. Ada 62 petugas Imigrasi yang ditempatkan di Terminal 2 dan Terminal 3," tambah Uchky Adhitya, Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi Soekarno-Hatta.

Ia menyatakan bahwa Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta juga menambahkan fasilitas autogate.

"Imigrasi telah memasang 78 autogate baru di Terminal 3 Bandara Soetta, 52 di terminal kedatangan dan 16 di terminal keberangkatan, serta 10 autogate baru di Terminal 2, masing-masing lima di terminal kedatangan dan keberangkatan. Alat ini dapat digunakan baik oleh WNI maupun WNA," kata Uchky Adhitya.

Menurut Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta (Soetta), terjadi tren peningkatan perlintasan penumpang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta selama musim Mudik Lebaran 2024.

Peningkatan yang disebutkan Bambang Tri Cahyono terjadi di kalangan WNI dan WNA dan berlangsung kurun mudik dan balik Lebaran 2024.

"Data lintasan tempat pemeriksaan TPI selama H-7 hingga H+7 Lebaran atau 3 - 17 April 2024, jika dibanding tahun lalu terdapat kenaikan 10 persen," jelas Bambang Tri Cahyono.

Perinciannya, pada 2023 jumlah penumpang yang melintas melalui Bandara Soekarno-Hatta mencapai 280.196 penumpang.

Sementara tahun ini TPI mencatat 347.600 penumpang yang pergi meninggalkan Indonesia atau ke luar negeri.

Bila 2023 jumlah penumpang yang datang dalam periode angkutan Lebaran (Angleb) sebanyak 247.385 orang, kini pada 2024 berjumlah 324.699 penumpang.

"Penumpang yang masuk ke Bandara Soetta naik 13 persen," lanjut Bambang Tri Cahyono.

Senada Uchky Adhitya, Bambang Tri Cahyono menyatakan bahwa fasilitas yang diberikan pihak Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta (Soetta) berupa autogate sangatlah membantu bagi pengguna jasa penerbangan.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #347600 #penumpang #terbang #lewat #bandara #soetta #gunakan #autogate #untuk #efisiensi

KOMENTAR