Perusahaan Startup kian Menjamur, Starventure Masuk ke Pasar Venture Builder di Indonesia
Starventure resmi masuk ke pasar venture builder di Indonesia (Istimewa)
00:54
25 April 2024

Perusahaan Startup kian Menjamur, Starventure Masuk ke Pasar Venture Builder di Indonesia

 

Industri startup berkembang pesat di Indonesia. Khususnya dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut mendorong kemunculan berbagai venture builder alias perusahaan yang hadir untuk membantu sebuah startup berkembang hingga mampu meraih pendanaan dari investor.

”Memiliki ide bisnis awal yang inovatif memang merupakan langkah awal dalam memulai usaha. Namun tanpa dukungan dan pendampingan yang tepat dalam mengembangkan dan mengeksekusi ide tersebut, pertumbuhannya bisa terhambat dan kemungkinan untuk gagal menjadi lebih besar," ujar Co-Founder Starventure Jeremia Michael Sutandy.

Berbekal kondisi tersebut, Jeremia menyebutkan bahwa pihaknya bersemangat untuk masuk ke pasar Indonesia. ”Starventure memiliki fokus kepada penciptaan dan peluncuran bisnis atau startup baru secara sistematis,” urai Jeremia.

Berbeda dengan pendekatan konvensional yang berinvestasi pada startup yang sudah berjalan, Jeremia menjelaskan, Starventure memberi dukungan bagi para pelaku bisnis yang baru saja mulai atau startup yang masih berada di tahap awal dengan penyediaan sumber daya dan keahlian untuk membuka jalan menuju kesuksesan dan menjadi pemain global.

"Starventure memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi para pelaku bisnis di Indonesia dengan menyediakan akses ke jaringan luas, berbagai potensi investasi, serta strategi dan rencana bisnis yang dibutuhkan untuk pertumbuhan usaha yang lebih besar," ungkap Jeremia.

Dikatakan Jeremia, pihaknya percaya bahwa dukungan dan bimbingan sejak awal dapat membuat bisnis menjadi lebih kuat dengan pertumbuhan yang lebih cepat, sehingga bisnis menjadi scalable dan investable.

Fungsi verture builder sendiri adalah untuk mengidentifikasi ide bisnis yang memiliki potensi untuk menghasilkan pertumbuhan yang tinggi dan dampak yang besar, sehingga memiliki peluang investasi. Kemudian, perusahaan secara proaktif mengakselerasi pengembangan ide-ide bisnis yang inovatif, untuk kemudian divalidasi.

Jeremia memaparkan, dengan bimbingan yang komprehensif, Starventure menargetkan bisnis atau startup dapat mengalami pertumbuhan antara lima hingga 20 persen setiap bulannya. Starventure tidak memberi batasan hanya bisnis di bidang tertentu, karena yang diutamakan adalah skalabilitasnya. Fokus dari Starventure adalah bisnis yang dapat memberi manfaat dan memberi nilai tambah bagi bisnis lainnya. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #perusahaan #startup #kian #menjamur #starventure #masuk #pasar #venture #builder #indonesia

KOMENTAR