Berkendaraan Lewat Tol Melawan Arus Mudik, Perhatikan Rencana Rekayasa Lalu-Lintas
Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak berlakukan tarif diskon sebelum puncak arus Mudik Lebaran 2024 dan sebelum arus balik Lebaran [Astra Infra].
21:56
5 April 2024

Berkendaraan Lewat Tol Melawan Arus Mudik, Perhatikan Rencana Rekayasa Lalu-Lintas

Astra Infra sebagai pihak yang mengoperasikan sederet ruas jalan tol dalam lingkup Tol Trans Jawa sampai Sumatera dan Bali telah melakukan sederet langkah dalam melancarkan operasional penggunaan jalan tol Mudik Lebaran 2024. Termasuk infrastruktur pendukung seperti rest area dan berbagai fasilitas sepanjang perjalanan.

Dikutip dari rilis resmi Astra Infra sebagaimana diterima , dalam mengantisipasi peningkatan arus lalu-lintas telah menyiapkan infrastruktur jalan, menyiagakan lebih dari 1.300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, dan ambulans.

Juga telah menyiapkan sarana prasarana di rest area, dan pengaturan rekayasa lalu-lintas.

Astra Infra juga terus melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri untuk mendukung pemerintah menyukseskan angkutan Lebaran yang aman, lancar, dan nyaman.

Bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik dengan arus yang berlawanan, Astra Infra mengimbau agar para pengemudi memperhatikan beberapa rencana rekayasa lalu-lintas berikut ini, yaitu:

One way arus mudik

Akan diberlakukan Mulai dari KM 72 ruas jalan tol Cikopo-Palimanan sampai dengan KM 414 ruas jalan tol Semarang-Batang dengan jangka waktu:

  • Jumat 5 April 2024 Pukul 14.00 WIB - 24.00 WIB
  • Senin 8 April 2024 Pukul 08.00 - 24.00 WIB
  • Selasa 9 April 2024 Pukul 08.00 WIB - 24.00 WIB.

Dengan catatan, informasi pemberlakuan rekayasa lalu-lintas ini dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti diskresi Kepolisian.

Selain itu, Astra Infra mengimbau para pengguna jalan tol agar menyiapkan sarana pendukung bermobil di ruas tol seperti kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) cukup demikian pula bila menggunakan mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) kondisi baterai juga penuh.

Saldo kartu uang elektronik mencukupi total penggunaan ruas jalan tol dari gerbang tol (GT) awal sampai akhir dengan sistem tap in dan tap out satu kartu. Atau tapping dengan kartu sama saat masuk dan keluar.

Bila menggunakan kartu berbeda akan dikenakan denda.

Selain itu, berikut tips umum yang dibagikan Astra Infra, antara lain:

Persiapkan pengemudi dan mobil

  • Kondisi kendaraan dalam keadaan prima, antara lain memastikan tekanan ban, kondisi mesin, hingga kondisi rem kendaraan.
  • Kondisi fisik pengemudi juga perlu diperhatikan agar pemudik dapat mengendarai kendaraan dengan fokus dan tetap waspada.
  • Hal ini sangat penting diperhatikan oleh pemudik mengingat faktor utama terjadinya kecelakaan salah satunya disebabkan kondisi kendaraan yang tidak siap dan pengemudi yang mengantuk atau kelelahan.

Persiapkan sarana pendukung bermobil di ruas tol

  • Pastikan BBM cukup demikian pula bila menggunakan mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) kondisi baterai juga penuh.
  • Saldo kartu uang elektronik mencukupi total penggunaan ruas jalan tol dari gerbang tol (GT) awal sampai akhir dengan sistem tap in dan tap out.
  • Membawa bekal secukupnya untuk mengantisipasi kepadatan di rest area.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #berkendaraan #lewat #melawan #arus #mudik #perhatikan #rencana #rekayasa #lalu #lintas

KOMENTAR