Tol Bocimi Longsor Jelang Musim Mudik, PVMBG: Lokasi Tanah Rentan
Situasi tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Jawa Barat, Minggu (8/5/2022). (ANTARA/Erlangga BP)
11:35
4 April 2024

Tol Bocimi Longsor Jelang Musim Mudik, PVMBG: Lokasi Tanah Rentan

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengindikasikan bahwa lokasi longsor di Tol Bocimi KM 64 berada dalam zona kerentanan gerakan tanah menengah, yang ditunjukkan oleh warna kuning pada peta gerakan tanah.

Menurut Kepala Tim Kerja Gerakan Tanah PVMBG, Oktory Prambada, hal ini mengimplikasikan tingkat kerentanan yang cukup signifikan terhadap terjadinya gerakan tanah di wilayah tersebut.

Faktor-faktor seperti lokasi berdekatan dengan lembah sungai, kemiringan lereng, dan dampak cuaca, khususnya curah hujan tinggi, dapat memicu terjadinya gerakan tanah.

Oktory juga menambahkan bahwa lokasi kejadian terletak di area endapan vulkanik Gunung Gede Pangrango, yang menjelaskan masuknya wilayah tersebut ke dalam kategori kerentanan gerakan tanah menengah.

Faktor-faktor pengontrol adalah geomorfologi atau kelerengan, geologi dan struktur geologi, pelapukan, tanah atau batuan, geohidrologi, serta tata guna lahan

Adapun pemicu gerakan tanah dapat berupa getaran atau gempa bumi, curah hujan, aktivitas manusia, dan infiltrasi air ke dalam lereng.

“Longsor diduga terjadi karena gerusan air akibat curah hujan yang lebat di sekitar lokasi," ujar Oktory, dikutip dari Antara padaKamis(4/4/2024).

Pada 3 April 2024, sekitar pukul 20.00 WIB, gerakan tanah atau longsor terjadi di Tol Bocimi (akronim Bogor, Cianjur, dan Sukabumi) KM 64-600 A tepatnya di Tol Parungkuda arah Sukabumi, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jalan tol yang berusia belum genap setahun sejak diresmikan itu menyebabkan satu mobil MPV berisi dua penumpang terperosok ke dalam lubang longsoran.

Polres Sukabumi memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun satu penumpang mengalami luka.

Selain itu, ada satu truk dan satu MPV yang mengalami kecelakaan tunggal akibat kaget dan berusaha menghindar ke arah kanan, lalu menabrak median jalan.

PT Trans Jabar Tol menyatakan masih mengidentifikasi dampak akibat longsor atas lajur lainnya dan melakukan tindakan agar lajur yang longsor dapat segera diperbaiki dan digunakan kembali.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #bocimi #longsor #jelang #musim #mudik #pvmbg #lokasi #tanah #rentan

KOMENTAR