Viral Dokter Curhat Gaji Cuma Rp2 Jutaan, Netizen Bandingkan dengan Pendapatan Ojol
Ilustrasi dokter sedang melakukan operasi (pixabay.com/sasint)
16:43
24 Maret 2024

Viral Dokter Curhat Gaji Cuma Rp2 Jutaan, Netizen Bandingkan dengan Pendapatan Ojol

Dokter menjadi salah satu pekerjaan mulia yang memberikan manfaat bagi banyak orang. Untuk menjadi seorang yang bekerja sebagai dokter, biaya pendidikan dan dedikasi yang besar harus dimiliki oleh seseorang. Tapi belakangan viral gaji dokter cuma 2 jutaan, yang diunggah oleh seorang pengguna X.

Adalah pengguna dengan nama Jen*****awan Sinaga dengan akun yang ia miliki. Ia mengunggah sebuah gambar yang menunjukkan nama dan beberapa data terkait dirinya, serta pendapatan yang diperoleh. Jenry sendiri bekerja sebagai dokter.

Gaji 2 Jutaan Dokter

Pada utas yang dibuatnya ini, ia menunjukkan beberapa gambar yang memperlihatkan angka dan data. Angka ini dinyatakan sebagai gaji yang ia terima setiap bulan, dan telah diunggah sejak tahun 2022 lalu.

Pada tahun tersebut, gaji yang ia terima adalah sebesar lebih kurang Rp2,2 juta. Gaji ini juga mempertimbangkan beberapa komponen lain yang dapat mempengaruhi besarannya, seperti Tambahan Penghasilan Pegawai, insentif, pajak, jasa kapitasi, pengganti biaya transportasi kegiatan luar gedung , jasa non-kapitasi, jasa pelayanan pasien umum dan retribusi surat dokter, dan beberapa komponen lainnya.

Kemudian di maret 2024 ini ia kembali menunjukkan besaran gaji yang diterimanya, dan masih berada di angka kurang dari Rp3 juta rupiah. Sosok tersebut juga menunjukkan lampiran dari PP 5/2024 tentang gaji PNS, yang memang secara resmi mengalami kenaikan setiap dua tahun sekali dengan besaran yang sesuai pada tabel tertaut.

Tanggapan Netizen yang Beragam

Unggahan ini sontak ramai oleh tanggapan netizen yang beragam. Ada yang membandingkannya dengan peroleh dari ojek online yang sedang sepi, hingga rasa simpati karena pendapatan yang diperoleh tidak sebanding dengan jasa dan biaya pendidikan yang tinggi.

Bahkan ada pula yang membandingkan dengan gaji ART di sebuah daerah. Meski demikian, pemilik akun menanggapi berbagai respon netizen ini dengan cukup santai. Ia juga menghimbau bahwa unggahan yang ada di akunnya ini sekedar informasi dan ingin berbagi saja dengan khalayak ramai.

Beberapa komponen yang diperoleh memang nilainya fluktuatif. Namun demikian jika melihat gaji pokok yang didapatkan, tentu hal ini tetap jadi cerita miris yang datang dari abdi negara di profesi dokter, yang notabene memerlukan biaya besar untuk pendidikan dan prosesnya.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #viral #dokter #curhat #gaji #cuma #jutaan #netizen #bandingkan #dengan #pendapatan #ojol

KOMENTAR