Profil Sugianto Kusuma atau Aguan, Taipan yang Temani Jokowi di Bandara Singkawang
Sugianto Kusuma alias Aguan (Ist)
17:23
21 Maret 2024

Profil Sugianto Kusuma atau Aguan, Taipan yang Temani Jokowi di Bandara Singkawang

Muncul pada acara peresmian Bandara Singkawang, sosok Sugianto Kusuma kembali menarik perhatian publik. Profil Sugianto Kusuma atau Aguan ini kembali digali oleh masyarakat, karena sering sekali terlihat di berbagai proyek besar di Indonesia.

Untuk para pebisnis, mungkin Aguan tidak lagi jadi nama yang asing. Dikenal sebagai pebisnis ulung dan menjadi pemilih salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia, ia memang sering tampak dalam berbagai acara besar peresmian dan turut dalam proses pembangunan.

Sekilas Profil Sugianto Kusuma

Lahir di Palembang, pada 9 Januari 1951, Aguan menjalani masa mudanya di salah satu sekolah menengah Tionghoa bernama Jugang Zhongxue yang terkenal di Indonesia pada masa tersebut. Setelah lulus, ia kemudian memulai perjalanan bisnisnya dengan menjalin kerjasama dengan pemborong bangunan.

Jika Anda tak asing dengan Agung Sedayu Group, maka sosok inilah yang merintis perusahaan tersebut pada tahun 1971 lalu. Pada awal pengembangannya, Agung Sedayu Group ramai diperbincangkan dari mulut ke mulut atas berbagi capaian dan prestasinya di ranah bisnis.

Pengembangan yang mungkin paling ikonik adalah membangun Harco Mangga Dua, yang menjadi salah satu mal elektronik terintegrasi pertama di Indonesia. Ia terus melanjutkan bisnisnya di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, hingga Bekasi.

Selain menjadi pendiri dari Agung Sedayu Group, sosok berusia 73 tahun ini juga pernah menjabat posisi penting di berbagai perusahaan. Mulai dari Wakil Komisaris Utama PT Bank Artha Graha (1990-1999), kemudian bagian dari PT Bank Inter-Pacific Tbk (medio 2004), dan sebagainya.

Agung Sedayu Group juga terus melakukan ekspansi dengan menjadi salah satu nama besar pada pengembangan Ibu Kota Nusantara yang ada di Kalimantan, dan baru-baru ini turut berpartisipasi dalam pengembangan Bandara Singkawang.

Sugianto Kusuma juga merupakan pimpinan konsorsium investor dalam negeri di kawasan IKN, dengan nilai investasi total mencapai Rp40 triliun dalam rangka mengembangkan pusat ekonomi baru di wilayah Kalimantan.

Ucapan Terimakasih Presiden Joko Widodo

Pada peresmian Bandara Singkawang, namanya disebut oleh Presiden Joko Widodo dalam ucapan terimakasih atas peran besarnya di pembangunan fasilitas tersebut. Dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha yang total anggarannya adalah Rp427 miliar, bandara ini akhirnya secara resmi dibuka pada Rabu, 20 Maret 2024 lalu.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #profil #sugianto #kusuma #atau #aguan #taipan #yang #temani #jokowi #bandara #singkawang

KOMENTAR