Bye Kursi Tegak! Kereta GMBS Senen-Surabaya Gubeng Dimodifikasi Jadi KA New Generation
Rangkaian kereta dengan nomor KA 106 itu kabarnya akan dimodifikasi menjadi KA New Generation. (Istimewa)
12:54
12 Maret 2024

Bye Kursi Tegak! Kereta GMBS Senen-Surabaya Gubeng Dimodifikasi Jadi KA New Generation

  Kabar gembira datang untuk para penumpang yang biasa menggunakan kereta api ekonomi KA Gaya Baru Malam Selatan (GMBS) rute Pasar Senen-Surabaya Gubeng. Rangkaian kereta dengan nomor KA 106 itu kabarnya akan dimodifikasi menjadi KA New Generation.    Dengan modifikasi ini, kursi KA GMBS rute Pasar Senen-Surabaya Gubeng ini tak akan lagi tegak dan saling berhadapan satu sama lain. Saat dimodifikasi menjadi KA New Generation, kursi penumpang akan satu arah dan hanya untuk dua orang.    "KA Gaya Baru Malam Selatan dengan nomor KA 106, rute Stasiun Pasar Senen - Surabaya Gubeng adalah rangkaian pertama yang menggunakan kereta ekonomi new generation, mulai 14 Maret 2024," tulis akun X resmi @KAI121, dikutip Selasa (12/3).  

  "Sementara KA Gaya Baru Malam Selatan dengan nomor KA 105, rute Stasiun Surabaya Gubeng - Pasar Senen akan menggunakan kereta ekonomi modifikasi new generation, mulai 15 Maret 2024," sambungnya.   Dengan modifikasi ini, formasi gerbong KA Gaya Baru Malam Selatan menjadi 2 kereta eksekutif, 5 kereta ekonomi modifikasi new generation, 1 kereta makan, 1 kereta pembangkit, dan 1 kereta bagasi.   Untuk diketahui, kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan, kini diganti menjadi kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 dan tidak lagi saling berhadapan.  

  Sehingga, leg room-nya menjadi lebih luas. Selain itu, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju KA atau pun berhadapan (revolving).   Selain pada kursi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah di kereta restorasi.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #kursi #tegak #kereta #gmbs #senen #surabaya #gubeng #dimodifikasi #jadi #generation

KOMENTAR