Temui Mbappe, Emir Qatar Punya Kekayaan Hampir Dua Kali Pendapatan Indonesia
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani (kanan) di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/10).
17:02
28 Februari 2024

Temui Mbappe, Emir Qatar Punya Kekayaan Hampir Dua Kali Pendapatan Indonesia

Pesepakbola Prancis, Kylian Mbappe dikabarkan akan segera hengkang dari Paris Saint Germain (PSG) menyusul habisnya masa kontrak pada musim panas 2024 mendatang.

Total kekayaan Emir atau setara perdana menteri Qatar, Tamim bin Hamad al-Thani sebagai pemilik PSG pun ikut disorot bersamaan dengan kabar kepindahan Mbappe. Pasalnya, Pesepakbola Prancis ini disebut – sebut bakal berlabuh ke ke Real Madrid. Kabar ini belum terkonfirmasi langsung oleh Mbappe. 

Presiden LaLiga Spanyol Javier Tebas juga menyatakan bahwa dia menduga Kylian Mbappe sudah menandatangani kontrak dengan Real Madrid.

"Saya punya feeling Mbappe sudah teken kontrak dengan Real Madrid," kata Tebas kepada stasiun radio Spanyol, COPE, seperti dilaporkan laman Madrid Universal, pada Selasa (27/2/2024).

Kendati demikian, Tebas tak menyembunyikan kegembiraannya bahwa Liga Spanyol kembali diperkuat superstar lapangan hijau.

"Dia akan menjadi bintang baru di LaLiga seperti halnya (Jude) Bellingham, Vinicius Jr, (Antoine) Griezmann, dan (Robert) Lewandowski," jelas Tebas seperti dimuat Antara.

Kekayaan Tamim bin Hamad al-Thani

Keluarga Kerajaan Qatar memiliki harta kekayaan yang mencapai USD 335 milliar, atau jika dikonversikan ke rupiah nilainya menyentuh Rp4,9 kuadriliun. Keluarga Kerajaan Qatar, Al-Thani terdiri dari 8000 orang, dipimpin oleh Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani yang menjadi Emir sejak tahun 2013 silam.

Harta kekayaan tersebut berasal dari berbagai aset, seperti gedung pencakar langit Shard London, Desa Olimpiade ibu kota Inggris, dan Department Store Harrod. Selain itu, Keluarga Thani juga memiliki saham di Empire State Building New York, Barclays, maskapai penerbangan British Airways, hingga perusahaan otomotif terkenal Volkswagen. Dia juga menjadi pemilik PSG. 

Kepemilikan Al – Thani pada klub olahraga tak lepas dari ambisi pribadinya untuk menaikkan pamor Qatar di dunia internasional lewat gelaran olahraga. Buktinya Qatar juga sukses menyelenggarakan hajat Piala Dunia 2022 sebagai bagian dari promosi sport tourism di negara itu. Piala Dunia Qatar juga menjadi piala dunia termahal sepanjang masa. 

Dilansir dari Sportingnews, negara timur tengah itu diperkirakan mengeluarkan dana USD229 miliar atau setara Rp3.598,96 triliun (kurs Rp15.716). Dana tersebut untuk mempercantik stadion, transportasi, hingga akomodasi. Kendati demikian, ekonomi Qatar dilaporkan melambat setelah Piala Dunia usai. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #temui #mbappe #emir #qatar #punya #kekayaan #hampir #kali #pendapatan #indonesia

KOMENTAR