Bak Bumi Langit! Prabowo Doyan Usaha Tambang, Gibran Pilih Kerajaan Bisnis Makanan
Prabowo lebih menyukai bisnis dalam industri pertambangan, Gibran justru lebih senang menjalankan kerajaan bisnis makanan.
13:42
23 Februari 2024

Bak Bumi Langit! Prabowo Doyan Usaha Tambang, Gibran Pilih Kerajaan Bisnis Makanan

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat ini unggul dalam hitung cepat KPU dengan perolehan suara mencapai 58% jauh meninggalkan dua pasangan lainnya.

Jika dilihat dari bisnis yang dijalankan paslon ini ibarat bumi dan langit, pasalnya kedua orang ini menjalankan bisnis yang jauh berbeda. Jika Prabowo lebih menyukai bisnis dalam industri pertambangan, Gibran justru lebih senang menjalankan kerajaan bisnis makanan.

Prabowo sendiri adalah salah satu pengusaha kakap Tanah Air meski latar belakangnya adalah seseorang tentara. Dirangkum berbagai sumber, Prabowo memiliki beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan perkebunan.

Prabowo memiliki setidaknya dua perusahaan terkait pertambangan batu bara yakni PT Nusantara Energy dan PT Nusantara Kaltim Coal, di mana keduanya masih dalam satu grup. PT Nusantara Energy merupakan induk perusahaan, sedangkan PT Nusantara Kaltim Coal merupakan anak usaha.

Selain di sektor pertambangan, Prabowo juga memiliki perusahaan di sektor perkebunan, di mana ada lima perusahaan perkebunan milik Prabowo. Adapun kelima perusahaan perkebunan tersebut yakni PT Tusam Hutani Lestari, PT Tanjung Redeb Hutani, PT Kertas Nusantara, PT Kiani Hutani Lestari, dan PT Belantara Pusaka.

Jika dilihat dari jumlah harta yang ia miliki dia adalah seorang trilinuer. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Prabowo memiliki harta Rp2,04 triliun.

Sementara kalau Gibran justru lebih senang menjalankan kerajaan bisnis makanan. Putra sulung Presiden Joko Widodo, dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses dengan berbagai bisnisnya.

Salah satu sektor yang menjadi fokus Gibran adalah bisnis makanan atau kuliner, setidaknya ada 8 bisnis yang dijalankan Gibran saat ini bersama sang adik Kaesang Pangarep.

Berikut beberapa usaha makanan yang dirintis Gibran:

1. Sang Pisang
Didirikan pada tahun 2017, Sang Pisang merupakan bisnis pisang nugget yang telah berkembang pesat dengan lebih dari 100 cabang di seluruh Indonesia.

2. Markobar (Martabak Kobar)
Berdiri sejak 2015, Markobar menawarkan martabak manis dengan berbagai topping kekinian. Saat ini, Markobar telah memiliki lebih dari 50 cabang di berbagai kota.

3. Ternakopi
Kaesang Pangarep, adik Gibran, juga turut terlibat dalam bisnis ini. Ternakopi menyediakan kopi berkualitas dengan harga terjangkau.

4. Yang Ayam
Bisnis ayam goreng tepung kekinian yang didirikan pada tahun 2019.

5. Mangkokku
Restoran masakan nusantara yang didirikan bersama Gibran Rakabuming Raka dan Chef Arnold Poernomo.

6. Chilibeli
Sambal bawang pedas dengan berbagai level pedas yang dikemas dalam botol.

7. Goola
Minuman kekinian dengan berbagai rasa yang menyegarkan.

8. Soga
Bisnis teh kekinian dengan berbagai varian rasa.

Berdasarkan harta kekayaan pribadinya kepada KPK melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per 31 Januari 2023.

Berdasarkan laporan LHKPN yang dilaporkan Gibran kekayaanya mencapai Rp26,03 miliar, total harta kekayaan Gibran mengalami kenaikan sebesar Rp 734 juta dibandingkan tahun sebelumnya.

Berikut rincian harta kekayaan Gibran:

Tanah dan Bangunan: Rp 17,33 miliar (dominan)
Alat Transportasi dan Mesin: Rp 332 juta
Kas dan Setara Kas: Rp 4,84 miliar
Harta Lainnya: Rp 3,52 miliar
Hutang: Rp 551 juta

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #bumi #langit #prabowo #doyan #usaha #tambang #gibran #pilih #kerajaan #bisnis #makanan

KOMENTAR