Dogecoin Melonjak 279 Persen Setelah Usulan Elon Musk, Apa Sebabnya?
Pergerakan reli meme bergambar anak anjing, Dogecoin kembali mencatatkan lonjakan, melesat ke level tertinggi hingga mengalahkan kenaikan Bitcoin di pasar global. 
16:08
20 Oktober 2024

Dogecoin Melonjak 279 Persen Setelah Usulan Elon Musk, Apa Sebabnya?

Pergerakan reli meme bergambar anak anjing, Dogecoin kembali mencatatkan lonjakan, melesat ke level tertinggi hingga mengalahkan kenaikan Bitcoin di pasar global.

Mengutip dari Coinmarketcap, selama sepekan terakhir reli Dogecoin melesat 27,94 persen  atau naik 15 persen dalam 24 jam terakhir hingga harganya melonjak jadi 0.143 dolar AS per koin, Minggu (20/10/2024).

Melesat jauh bila dibandingkan dengan harga Dogecoin di bulan Juli kemarin, dimana memecoin bergambar anak anjing ini mengalami kemerosotan  sebesar 10 persen di tengah kekhawatiran tentang suku bunga yang menyebabkan investor membuang Dogecoin dan memilih aset yang lebih aman. Sejak saat itu, harganya bertahan di sekitar 0,10 dolar AS.

Kenaikan reli Dogecoin pada perdagangan pasar kripto hari ini bahkan disebut mengalahkan lonjakan Bitcoin yang hanya mencatatkan kenaikan 0,05 persen dalam 24 jam terakhir dan 8,87 persen selama sepekan.

Mengutip dari Fortune, reli Dogecoin mencatatkan lonjakan merespon risalah miliarder Elon Musk yang mengusulkan rencana pembentukan Departemen Efisiensi Pemerintahan di Balai Kota Pennsylvania, Amerika Serikat (AS).

Departemen yang diusulkan, disingkat D.O.G.E (Department of Government Efficiency) akan berupaya membuat pengeluaran pemerintah dari uang pembayar pajak lebih efisien, sambil merampingkan departemen yang menangani pengeluaran.

Usulan tersebut dilontarkan Musk setelah miliarder itu menaruh kekayaan dan pengaruhnya di belakang Trump. Elon Musk baru-baru ini  diketahui memberikan 75 juta dolar AS untuk membantu Trump dan Republikan lainnya terpilih melalui America PAC miliknya.


Alasan ini yang membuat investor kripto optimis bahwa kemenangan Trump dapat menyebabkan lebih banyak perbincangan tentang DOGE, memicu perhatian dan minat ritel terhadap dogecoin di masa mendatang jika D.O.G.E benar-benar menjadi bagian dari pemerintah.

"Elon Musk hanya akan membuat meme Departemen Efisiensi Pemerintah menjadi ada, dengan validasi dari Trump! Anda dapat mengharapkan dia untuk terus secara agresif mendukung konsep tersebut hingga konsep tersebut benar-benar terwujud," tulis influencer pedagang X, @theunipcs.

Elon Musk diketahui jadi salah satu orang yang paling aktif mendukung meme coin bergambar anak anjing seperti Dogecoin. Melalui akun Twitternya ia kerap menyerukan cuitan mengenai ketertarikannya pada kripto Dogecoin.

Musk bahkan mengaitkan pembayaran menggunakan kripto Dogecoin di perusahaan miliknya, seperti X atau Tesla. 

Berkat dukungan Musk, Dogecoin mulai jadi aset kripto andalan warga Amerika, sebuah survei oleh portal perbandingan harga Finder menunjukkan lebih banyak orang di AS yang memiliki Dogecoin ketimbang negara mana pun. 

Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #dogecoin #melonjak #persen #setelah #usulan #elon #musk #sebabnya

KOMENTAR