Nirina Zubir Sebut Pemerintah Buktikan Upaya Pemberantasan Mafia Tanah
Nirina Zubir peroleh kembali 4 sertifikat tanah (Instagram/@nirinazubir_)
16:02
14 Februari 2024

Nirina Zubir Sebut Pemerintah Buktikan Upaya Pemberantasan Mafia Tanah

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah mengembalikan tanah yang dimiliki oleh artis Nirina Zubir setelah sempat dikuasai oleh mafia tanah. Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni memberikan pernyataan terkait hal ini.

"Dalam rangka memerangi mafia tanah, saya telah diperintahkan oleh Menteri untuk bertindak. Hari ini, kita bersyukur bahwa tanah yang dimiliki oleh Mba Niri (Nirina) telah kembali ke pemiliknya," ungkap Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni di Jakarta pada Rabu (14/2/2024).

Raja menjelaskan bahwa penanganan masalah mafia tanah merupakan salah satu prioritas yang diberikan kepada Kementerian ATR/BPN oleh Presiden Jokowi. Selanjutnya, ia berencana untuk mengadakan rapat koordinasi guna mengevaluasi situasi dan merencanakan langkah-langkah selanjutnya agar seluruh tanah milik Nirina dapat segera dikembalikan.

"Sesudah ini saya akan segera mengadakan rapat koordinasi. Kami berjanji, semua tanah yang dimiliki oleh Nirina akan dikembalikan sepenuhnya," tuturnya.

Raja juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mengurangi intensitas tindakan mereka, dan penyelesaian masalah mafia tanah Nirina ini akan menjadi titik awal yang penting untuk terus melakukan perbaikan di internal kementerian.

Kasus kepemilikan tanah Nirina yang telah berlangsung sejak tahun 2019 akhirnya menemukan kejelasan. Sertifikat tanah milik Nirina telah dikembalikan kepadanya.

Nirina, yang didampingi oleh keluarganya, secara langsung menerima sertifikat tanah tersebut dari Wakil Menteri Raja di Kantor Wilayah BPN DKI Jakarta.

Nirina menyatakan bahwa pengembalian sertifikat miliknya adalah bukti dari komitmen serius pemerintah dalam memerangi mafia tanah. Dia melihat dirinya sebagai contoh dari upaya sungguh-sungguh pemerintah dalam mengatasi mafia tanah tersebut. "Saya adalah salah satu bukti bahwa upaya pemberantasan mafia tanah oleh pemerintah telah berhasil," ujarnya.

Nirina menambahkan bahwa dia tidak menyangka perjuangannya akan berakhir dengan hasil yang baik. Dia mengaku tidak lagi khawatir tentang sertifikat tanahnya karena Kementerian ATR/BPN membantu menyelesaikan masalahnya.

"Sekarang ada para pejabat di samping Nirina, jadi saya tahu apa yang harus dilakukan dan di mana harus pergi, sekarang sertifikatnya sudah berada di tangan saya," katanya.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #nirina #zubir #sebut #pemerintah #buktikan #upaya #pemberantasan #mafia #tanah

KOMENTAR