Profil Jusuf Wanandi: Pengamat Politik Tajam yang Sebut Anies Tidak Bisa Kerja
Jusuf Wanandi [CSIS]
14:20
12 Februari 2024

Profil Jusuf Wanandi: Pengamat Politik Tajam yang Sebut Anies Tidak Bisa Kerja

Profil Jusuf Wanandi viral setelah jelang Pemilu Presiden 2024 ini lantaran dirinya menilai capres nomor 01, Anies Baswedan tak layak diberi pujian. Mulut pendiri Center for Strategic and International Studies (CSIS) ini memang pedas setelah menyebut bahwa Anies memang pandai merangkai kata untuk menarik simpati, namun jika urusan bekerja sangat buruk.

Jusuf Wanandi mengakui bahwa Anies memang jago jika berkampanye dan merangkai kata namun saat jadi Gubernur DKI Jakarta selama lima tahun, ia menilai Anies tak berbuat apa-apa.

"Kalau campaign memang jago, kalau ngomong meyakinkan. Tapi dalam pelaksanaan, kan kita lihat waktu dia 5 tahun gubernur (DKI Jakarta). Apa hasilnya?" kata Jusuf Wanandi dengan nada tinggi seperti dilihat dari Youtube Total Politik, Sabtu (10/2/2024).

Jusuf Wanandi lalu mencontohkan soal pembangunan trotoar di Jakarta oleh Anies yang menurutnya hanya satu meter dan cuma untuk ditunjukkan kepada Presiden Jokowi. "Supaya dilihat oleh Jokowi, dia (Anies) hebatnya, apanya yang hebat, gak ada apa-apa sebetulnya. Terus terang, gak ada," ucapnya.

Pernyataan Jusuf Wanandi ini lantas membuat para pendukung Anies geram. Mereka lantas membeberkan sejumlah prestasi Anies selama dia menjabat sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta.

Seperti diketahui, Anies berhasil membangun sejumlah fasilitas publik antara lain sistem integrasi angkutan umum JakLingko, revitalisasi kota tua, pembangunan jalur sepeda, dan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). 

Lantas siapakah Jusuf Wanandi dan apa kapasitasnya sehingga layak mengkritisi Anies Baswedan? Mengutip csis.or.id, 

Jusuf Wanandi adalah Senior Fellow dan salah satu pendiri Centre for Strategic and International Studies (CSIS), dan Wakil Ketua Dewan Pembina Yayasan CSIS, Jakarta. Dia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Nasional Indonesia untuk Pacific Economic Cooperation Council (INCPEC), Co-Chair Pacific Economic Cooperation Council (PECC), dan Co-Chair Dewan Kerjasama Keamanan di Asia Pasifik (CSCAP), Indonesia.

Jusuf menempati posisi Presiden Direktur perusahaan penerbitan Harian The Jakarta Post serta Ketua Dewan Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya, dan Ketua Yayasan Universitas Panca Bhakti di Pontianak, Kalimantan Barat.

Sebagai seorang pengacara, Jusuf Wanandi adalah asisten profesor hukum di Universitas Indonesia, dan telah melayani di berbagai organisasi nasional dan internasional selama perjalanan kariernya.

Ia diangkat sebagai Sekretaris Dewan Pertimbangan Agung Indonesia; Sekretaris Jenderal Dewan Pendidikan Nasional; dan sebagai wakil rakyat selama empat periode di Majelis Permusyawaratan Rakyat. Ia aktif di Partai Golkar antara tahun 1979 sampai 1988 sebagai anggota Pengurus Pusat dalam berbagai kapasitas. Dia telah banyak menulis di majalah dan surat kabar nasional dan internasional dan telah mengedit sejumlah buku tentang perkembangan politik dan keamanan di kawasan Asia Pasifik.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #profil #jusuf #wanandi #pengamat #politik #tajam #yang #sebut #anies #tidak #bisa #kerja

KOMENTAR